Panitia Pilkades tak Boleh 'Miring' - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panitia Pilkades tak Boleh 'Miring'

Panitia Pilkades tak Boleh 'Miring'

Written By Mang Raka on Rabu, 01 Mei 2013 | 14.00

KARAWANG, RAKA - Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Warung Bambu dan Desa Tegalsawah, diminta bekerja netral.
"Panitia itu yang terpenting netral, tidak ada tekanan dari calon manapun," ujar Camat Karawang Timur Hj Eli Laeli Komala, Senin (30/4).
Karena itu, jelasnya, sejak dibentuk pada 22 April lalu, diharapkan panitia 9 ini dapat bekerja secara maksimal. Sementara pihaknya beserta jajaran muspika kecematan hanya sebatas melakukan monitoring. "Muspika sebagai tim monitoring dan pengendalian," tuturnya.
Ditegaskannya, kesuksesan dalam pelaksanaan pilkades dapat dilihat sejak pembentukan panitia. Karena itu dibutuhkan panitia yang netral dan tidak berpihak ke salah satu calon. "Dari sejak awal, panitia harus bersifat netral, tidak keberpihakan, harus sukses pilkades itu ditanamkan dari sejak awal," jelasnya.
Sementara jika terdapat kendala dalam menjalankan proses tahapan-tahapan yang ada, pihaknya mempersilahkan melakukan komunikasi dengan BPD dan pihak kecamatan akan memperjelas.
Kabid Pemerinatahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Karawang Wawan Hermawan mengungkapkan, setelah dibentuknya panitia pilkades maka mulai 1 Mei hinga 5 Mei mendatang sudah memasuki tahapan pencalonan bakal calon. Sebelumnya, BPMPD sudah melakukan sosialisasi kepada ketua panitia dan ketua BPD 34 desa yang akan menggelar pilkades pada 30 Juni mendatang. "Kita sudah melakukan sosialisasi pilkades sesuai dengan Perbub Nomor 15 tahun 2013, diikuit ketua panitia dan ketua BPD," ungkapnya.
Dikatakannya pula, terkait dengan kredebilitas panitia, harus dimiliki oleh seluruh jajaran kepanitiaan karena peran panitia dalam pilkades memiliki peran penting. "Panitia harus netral dan melaksanakan tahapan-tahapan sesuai dengan Perbup Nomor 15 Tahun 2013," katanya.
Dikatakannya lagi, melihat dari potret kekisruhan pilkades lalu, Wawan meminta agar permasalahan tersebut dibawa ke ranah hukum, jangan berbuat anarkis. "Kalau tidak puas silahkan ke jalur hukum," pungkasnya. (vid)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.