Buruh PT Toyobo Mau Usir Pekerja Jepang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Buruh PT Toyobo Mau Usir Pekerja Jepang

Buruh PT Toyobo Mau Usir Pekerja Jepang

Written By Mang Raka on Selasa, 28 Mei 2013 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Merasa diperlakukan tidak manusiawi oleh manajer produksi asal Jepang, buruh pabrik PT Toyobo Kniting Indonesia (TKI), Senin (27/5), mengadukan nasibnya ke DPRD Karawang. Mereka meminta orang yang dianggapnya arogan itu diberhentikan dari perusahaan, sekaligus dipulangkan ke negara asalnya.
"Setiap buruh melakukan kesalahan, sang manajer produksi itu selalu memarahinya sambil gebrak meja. Bahkan pada saat di pabrik mati lampu sampai sekitar 2 jam dua minggu lalu, kami tetap dipaksa buat bekerja. Bagaimana bisa selama suasana di ruangan produksi gelap tanpa lampu? Nanti malah terjadi kecelakaan kerja. Siapa yang mau bertanggungjawab kalau kejadiannya sampai seburuk itu? Buktinya, rekan-rekan kami sesama buruh yang bekerja di pabrik lain, hingga kini nasibnya terlunta-lunta setelah terjadi kecelakaan kerja," ungkap Agus Jafar Sidiq mewakili rekan-rekannya.
Kata dia, persoalan ini sudah dilaporkannya ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Hanya saja, belum ada penanganan serius setelah sampai awal pekan ini tetap nol. Menurunya pula, ia tidak sekadar memperjuangkan hak-hak rekannya sesama buruh di PT TKI, tapi pula turut membantu nasib buruh yang bekerja di PT Ochiai Menara Indonesia (OMI). Di pabrik ini, Agus menyebut, status rekan-rekannya tetap menjadi karyawan kontrak kendati bekerja sudah lama. Terkait ini, menurutnya, pihak Disnakertrans telah membantu memfasilitasi dengan mengirimkan surat kepada perusahaan agar karyawan kontrak yang memenuhi syarat buat ditetapkan menjadi karyawan tetap segera diubah statusnya itu.   
"Nyatanya, surat Disnakertrans tidak digubris. Ini berarti, kewibawaan Pemkab Karawang diinjak-injak pengusaha. Kita akan lihat, bagaimana sikap pemkab atas kondisi ini. Masa diam begitu saja? Yang jelas, sampai kapanpun kami akan terus berjuang untuk mendapatkan hak-hak kami selaku buruh. Jangan biarkan penindasan terjadi pada kaum buruh," teriaknya dalam orasi aksi di depan gedung DPRD dengan berseragam kaos merah bertuliskan FSPK (Federasi Serikat Pekerja Kerakyatan).
Agenda lain yang diperjuangkan Agus bersama rekan-rekannya, adalah nasib karyawan Hotel Bestin yang dinyatakannya tidak mendapatkan upah layak. Sempat menggelar aksi mogok kerja selama 3 bulan berturut-turut, namun tidak dihiraukan pemilik hotel. Bersama FSPK, pihaknya mendesak DPRD ikut peduli membantu nasib buruh yang selalu tertindas. Bagaimana pun, tandasnya, buruh adalah bagian dari masyarakat yang tergolong ekonomi lemah, khususnya buruh bagian produksi.     
Di hadapan mereka, Ketua Komisi D DPRD, Nanda Suhanda, berjanji akan turut membantu memediasi semua persoalan tersebut. Untuk memanggil hearing jajaran direksi PT TKI, komisinya sudah menjadwalkan pada tanggal 13 dan 14 Juni. Nanda beralasan, sebelum tanggal itu pihak PT TKI mengabarkan jika presdirnya sedang berada di luar negeri tanpa menyebutkan di negara mana. "Surat resmi direksi Toyoba sudah disampaikan ke kami. Begitu pula dari Ochiai, mereka sama-sama minta waktu. Yang pasti, Komisi D siap membantu memediasi sampai tuntas. Tapi yang Hotel Bestin, kami undang mereka tidak datang. Nanti tinggal ditegaskan, apakah pihak Bestin mau menaikan upah atau justru membayar PHK apabila perusahaan mereka memang kolaps (bangkrut)," jelasnya. (vins)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Dear Bapak / Ibu
    Purchasing Dept / Bagian Import

    Perkenalkanlah kami , Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU mengajukan penawaran Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya : PT. SUN Logistics Indonesia

    - Service Kami :
    - Air & Sea Freight (LCL & FCL)
    - Bonded Warehousing
    - Customs Clearance
    - Door To Door Service
    - Domestics Service
    - Undername / Consignee
    - Borongan / All-In
    - Trucking
    - Transfer EDI / PIB
    - Import Sea Freight & Air Freight Service
    - Export Sea Freight & Air Freight Service
    - Import Consolidation

    Untuk jenis barang yang ada izin di import ke perusahaan kami (Undername / Consignee) HS Kode : 2403 s/d 2801, 3826 s/d 3901, 4017 s/d 4601, 8401 s/d 8548 dan lainnya, Serta izin dari Comonity barang tersebut.
    Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainnya.
    Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainnya.

    Thank & Regards
    Agus
    Mobile : 0852 0657 9600 (WA)

    Untuk informasi lebih lanjut dapat mehubungi kami :

    PT. SUN Logistics Indonesia
    Jl. Cipinang Muara Raya No. 19 Jakarta Timur 13420 – Indonesia
    Phone : 021 – 860 3191 / 2961 3560 (Hunting)
    Fax : 021 – 860 3196
    E-mail : import.sun328@gmail.com / agus_ptsun@yahoo.com

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template