SMK Texmaco Buat Kualitas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Texmaco Buat Kualitas

SMK Texmaco Buat Kualitas

Written By Mang Raka on Kamis, 04 April 2013 | 14.00

-Meski di Lokasi Bekas Pabrik, Tetap Eksis

BERADA jauh dari perkotaan dan malah jalan raya utama serta dengan bangunan bekas pabrik, ternyata nggak bikin SMK Texmaco pesimis. Malah lewat kiatnya, sekolah kejuruan yang berlokasi di sekitar Bendung Walahar, Karawang ini saban tahunnya relatif selalu dipenuhi siswa.

Sesuai data yang diperoleh, jumlah siswa di sekolah yang membuka dua jurusan: Teknik Elektro Industri dan Teknik Permesinan, itu kini bisa dihuni mencapai 1.341 siswa. Masing-masing 1.237 siswa putra dan 104 siswa putri. Kesemuanya yang terbagi di 31 rombongan belajar (rombel), yakni Teknik Elektro Industri 10 rombel, dan sisa terbanyak 21 rombel, berada di Teknik Permesinan.
Hebatnya, meski punya lokasi yang juga terpencil dari sekolah lain, soal prestasi siswa di ekskul juga nggak kering-kering amat. Terakhir di 2012-2013, sejumlah piala dari kegiatan non-akademis ini juga bisa diraih oleh sejumlah jenis ekskulnya. "Alhamdulillah. Kuncinya kita bisa membagi waktu, dan serius," ujar Heri Heryanto, sang ketua OSIS alias ketos-nya.
Ya..SMK Texmaco berlokasi di wilayah Desa Kiarapayung, Kecamatan Klari. Dari pusat ibukota kabupatennya, lokasi sekolah yang dipimpin Pak Drs. H. Suardi, MM, ini berjarak sekitar 15 kilometer arah timur yang juga harus melintasi irigasi Tarum Timur untuk mencapainya. Kalau kita nggak punya kendaraan sediri, pasti harus menyewa ojek sepeda motor untuk mencapainya, sebab jaraknya dari jalan raya Karawang-Klari emang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.
SMK Texmaco sendiri menempati gedung yang bekas pabrik yang juga bernama PT. Texmaco. Ruangan bekas pabrik ini disulap sedemikian rupa, sehingga bisa dijadikan tempat belajar dan praktik. Malah ruangan kepala sekolah, guru dan tenaga TU, pun ruang rapat digelar di dalamnya. Meski begitu, relatif semua penghuninya merasa betah. Sebab juga soal disiplin, di sekolah yang juga jadi salah satu lokasi paguron silat 'Raksa Budi', ini diterapkan ketat. Seorang siswa membandel, atau bahkan nggak disiplin tadi, bisa aja langsung dibotakin. "Kami memang menerapkan disiplin yang ketat, agar mereka maju," aku Kepsek Pak H. Suardi.   
Sementara ditemani sejumlah teman di antaranya Waketos Hendra Sumarwan, Sekretaris Rita Setiawati, dua seniornya yang manyas ketos Dodi Hartono serta Rizki Ramdhani, Ketos Heri menyebut semua juga nggak lepas dari bimbingan guru termasuk kepseknya. Bahwa sebagai siswa, semuanya nggak bakalan bisa jalan saat pihak sekolah tentu nggak respon.  "Dan Alhamdulillah. Karena semua ngedukung, akhirnya kita-kita bisa," ujar Heri sembari menyebut dan menunjuk pajangan piala dari sejumlah prestasi eskulnya. Konon yang terakhir, prestasi itu diperoleh jenis ekskulnya di paskib yang juara umum saat serta di LPBB Kodim 0604 Karawang, di ekskul pencak silat, dan lainnya. (yud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.