Penunjukan Lokasi Saba Desa Harus Objketif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penunjukan Lokasi Saba Desa Harus Objketif

Penunjukan Lokasi Saba Desa Harus Objketif

Written By Mang Raka on Jumat, 26 April 2013 | 14.00

- Desa Makmurjaya Dinilai Lebih Pantas Dikunjungi Bupati

JAYAKERTA,RAKA- Saba desa yang dilakukan bupati ke setiap Kecamatan adalah untuk melihat langsung sejauh mana pembangunan yang ada di desa yang ada di kecamtan yang dikunjungi. Hal itu harusnya menjadi agenda penting bagi kecamatan untuk meratakan pembangunan yang ada di setiap desa. Jadi, jika masih ada desa yang perlu dorongan ekstra, saba desa bupati menjadi momentum yang tepat.
Menurut salah seorang camat yang minta identitasnya dirahasiakan, kepada RAKA mengatakan kalau dirinya yang akan mendapat giliran akhir tahun 2013, akan menunjuk desa dimana wilayahnya masih perlu dorongan ekstra dalam hal pembangunan. Karena disitu peran camat untuk memberikan perhatian yang adil dalam pembangunan. Maksudnya kata camat, dengan adanya kendala dilapangan ada desa yang masih tertinggal dengan desa lain. Dengan adanya saba desa, berharap bupati bisa ikut memposisikan agar bisa secepatnya dilakukan pembangunan di desa tersebut. ”Kalau bupati yang melakukan deposisi, mudah-mudahan birokrasi yang tersendat, sehingga desa tertinggal dari desa lainnya di kecamatan yang sama akan menjadi cepat dibangun. Dan dalam hal ini juga, peran camat bukan untuk menutupi atau bahkan membuat bupati senang dengan menampilkan hanya yang baiknya saja,” ungkapnya pada RAKA.
Ditambahkannya, dengan menunjukan wilayah yang perlu dibangun, maka makna saba desa akan menjadi terobosan bupati yang memang sesuai harapan warga di setiap desa. ”Kita memanfaatkan momentum kehadiran bupati untuk menunjuukan apa yang perlu dibangun di desa yang ada di kecamatan kita. Untuk itu, saya akan memilih desa yang memang menurut kades dan juga masyarakat paling perlu ditinjau bupati,” akunya.
Ditempat yang berbeda, warga desa di Kecamatan Jayakerta, Suhendra mengakui kalau kehadiran bupati dalam saba desa hari ini akan berdampak baik, jika memang apa yang ditunjukan camat yang sesuai kebutuhan warga. Lihat diantara desa yang ada di Kecamatan Jayakerta, mana yang paling butuh dorongan kebijkan. Jangan sampai bupati ditempatkan di desa yang notabene sudah kondisi baik dan tak perlu dorongan bupati. ”Ada desa yang perlu ditunjukan atau bahkan dijadikan pusat bupati saba desa seharusnya. Kita sebut saja Desa Makmurjaya yang keadaanya kini semakin tertinggal dengan desa lainnya yang ada di Kecamatan Jayakerta. Selain pemerintahan yang ada di desa tersebut amburadul pasca ditetapkannya kades tersandung raskin. Kondisi bangunan dan juga akses jalan yang ada disana menjadi keluhan warga yang tidak henti-henti. Kenapa tidak itu yang dilihatkan pada bupati bukan malah yang sudah bagus,” urainya.
Tambah dia, untuk masalah kunjungan bupati kan akan merasakan apa yang disediakan tuan rumah. Nah ketika desa yang baik dipakai menjadi pusat saba desa, bupati akan terkesan desa di Kecamatan Jayakerta kondisinya sudah baik. Padahal kalau coba dipusatkan di Desa Makmurjaya akan beda hasil yang didapat bupati. ”Kita bukan untuk menyudutkan Camat Jayakerta, melainkan menyayangkan kenapa harus menunjuk desa yang sudah baik. Karena kehadiran bupati bertujuan saba desa. Dimana dalam kunjungan tersebut ingin melihat kondisi riil di kecamatan masih ada tidak yang perlu dorongan bupati untuk masalah pembangunan,” terangnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.