NU Pasawahan Latih Warga Mandikan Mayat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » NU Pasawahan Latih Warga Mandikan Mayat

NU Pasawahan Latih Warga Mandikan Mayat

Written By Mang Raka on Senin, 15 April 2013 | 14.00

PURWAKARTA, RAKA - Prihatin makin jarangnya orang berkeahlian memandikan mayat, pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Pasawahan menggelar latihan pemulasaran jenazah (mengurus mayat) bertempat di aula kantor Desa Lebakanyar, Kecamatan Pasawahan, Minggu (14/4).

Berdasarkan pantauan RAKA, sedikitnya 80 orang peserta hadir dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 9 pagi tersebut. Warga yang umumnya mengenakan peci dan sarung nampak antusias menyimak pemaparan tatacara pengurusan jenazah dari mulai tahap memandikan, mengkafani hingga menyolatkan. Hadir pula saat itu, Camat Pasawahan, Ahmad Korib, serta perwakilan pengurus MWC NU dari sejumlah kecamatan di Purwakarta. Warga mengakui, kegiatan seperti itu penting dilakukan. Terlebih, saat ini makin jarang orang yang memiliki keahlian melakukan pemulasaran jenazah. Sedangkan setiap orang pasti mati. Selain itu, sebagaimana ketentuannya, mengurus mayat harus dilakukan secara benar sesuai kaidah Islam. "(latihan pengurusan jenazah) Jelas penting. Kami sangat menyambut baik. Orang berkeahlian mengurus jenazah sudah sangat jarang sekarang. Kalau tidak ada generasi penerus, siapa nanti yang akan mengurus jenazah kita saat kita meninggal," ujar satu peserta pelatihan.
Ketua MWC NU Kecamatan Pasawahan, H Dia Udin, menerangkan, kegiatan pemulasaran jenazah tersebut merupakan program pertama yang digulirkan MWC NU Pasawahan di tahun 2013. Kegiatan ini dipilih, menyusul keprihatinan makin jarangnya orang berkeahlian mengurus jenazah. "Ini baru angkatan pertama, nanti rencananya kita akan lakukan pula bagi para peserta angkatan kedua, disamping acara pengurusan mayat untuk kaum perempuan," terang H. Dia.
Dia melanjutkan, dalam waktu dekat MWC NU Pasawahan juga menargetkan dapat merealisasikan program bahtsul masail yang akan melibatkan banyak tokoh agama di kecamatan tersebut. "Setiap bulan kita rutin keliling ke setiap desa ke sejumlah pondok pesantren, melalui pengurus ranting NU. Tujuan utamanya silaturahmi dan konsolidasi penguatan struktur organisasi," papar Dia. (nos)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.