FK BPD Mandul - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » FK BPD Mandul

FK BPD Mandul

Written By Mang Raka on Kamis, 04 April 2013 | 14.00

Banyaknya desa yang konflik, dianggap lantaran peran BPD terkesan mandul sebagai fungsi kontrol dan pengawasan terhadap pemerintah desa. Pasalnya, hampir setiap persoalan yang menimpa pemerintahan ditingkat desa diakibatkan fungsi kontrol dan pengawasan dari BPD yang mandul. Seperti penyalahgunaan anggaran untuk desa terlepas dari bantuan yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten  Karawang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, maupun dari pemerintah pusat.
Begitu pun soal penyelewengan raskin yang mana posisi BPD kerapkali kecolongan, karenanya menurut aktivis Forum Rakyat Karawang Bersatu Andri Kurniawan, jika memang fungsi kontrol dan pengawasan BPD berjalan mestinya pelanggaran tidak mungkin terjadi, namun faktanya kejadian tersebut sudah terjadi. Ironisnya, BPD tidak bisa berkutik untuk membereskan secara internal antara pemerintah desa dengan BPD itu sendiri. Namun yang ada selalu saja berakhir dengan kekisruhan, bahkan tidak sedikit yang berujung ke ranah yudikatif.
Menurutnya, BPD harusnya bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi di desa dan yang menjadi pertanyaan publik saat ini sebenarnya apa yang menjadi faktor penyebab mandulnya fungsi BPD itu sendiri. Apakah mungkin dari faktor sumber daya manusia (SDM). Namun seperti yang  diketahui semuanya, BPD juga mempunyai sebuah forum komunikasi yang disebut dengan FK BPD.
Sebagai koordinator, idealnya FK BPD melakukan pembinaan secara rutin untuk terus membangun SDM semua anggota BPD agar mampu menjalan peran dan fungsinya sebagai kontrol dan pengawasan terhadap pemerintah desa. Apa lagi lanjutnya, sekarang dengan adanya mobil operasional untuk desa yang rentan akan penyalah gunaannya, seperti yang terjadi pada mobdes Payungsari, Kecamatan Pedes, atribut yang menempel dipereteli oleh kepala desa sehingga menjadi putih polos, sudah seperti mobil pribadi. Jika peran dan fungsi BPD betul ada, pelanggaran seperti itu idealnya tidak akan terjadi. "BPD kan punya forumnya, cobalah rutin penggemblengan SDM BPD untuk pengawasan di desa," ujarnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, FK BPD ia tekankan  sebagai lembaga koordinator semua BPD yang ada di wilayah Pemerintah Kabupaten Karawang untuk memaksimalkan peran serta fungsi para anggota BPD di setiap desa, jangan sampai keberadaan BPD hanya sebagai lembaga pelengkap secara konstitusional saja. "BPD bukan pelengkap konstitusional saja, maka FK BPD ini harus maksimalkan fungsinya di tengah kisruhnya berbagai desa yang ada," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Setuju kang andri... Saya berharap ada fungsi kontrol dari lembaga lain termasuk RAKA karena bobolnya anggaran bantuan ke desa karena kongkalikong antara pemerintah dan badan terkait dengan desa.

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.