Dewan Kerja Ranting Tegalwaru Diminta Eksis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dewan Kerja Ranting Tegalwaru Diminta Eksis

Dewan Kerja Ranting Tegalwaru Diminta Eksis

Written By Mang Raka on Selasa, 23 April 2013 | 14.00

TEGALWARU, RAKA - Gerakan Pramuka merupakan organisasi kepanduan yang bersifat sosial, dan bertujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang dapat menjadi teladan dan kader pimpinan bangsa yang ulet, berwibawa, dan bertanggung jawab. Hingga untuk melestarikan kegiatan tersebut diperlukan adanya kaderisasi yang terus menerus, serta diimbangi dengan daya juang yang tinggi.

 Ketua Kwartir Ranting Tegalwaru, Suryana SPd, menyampaikan, regenerasi dalam Pramuka bukan hanya harus cerdas dalam pengetahuan saja, akan tetapi regenerasi dalam Pramuka juga harus lebih peduli terhadap sesama dan loyal terhadap institusi. Antara kwaran dengan Dewan Kerja Ranting (DKR) tidak dapat dipisahkan, sebab dalam setiap ada kegiatan kepramukaan di kwaran, DKR selalu eksis dalam kegiatan dan selalu menjadi tenaga inti.
Suryana berharap, pada pengurus DKR yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan kwaran seperti pengurus periode sebelumnya. "Sampai saat ini pengurus DKR yang sudah tidak jadi pengurus selalu menyempatkan hadir jika ada acara kepramukaan," tutur Suryana usai upacara pelantikan DKR Tegalwaru, belum lama ini.
Ia melanjutkan, maksud dari kegiatan inipun adalah untuk menentukan kebijakan organisasi sebagai keputusan tertinggi Dewan Kerja Gerakan Pramuka tingkat ranting atau kecamatan. Dengan tujuan untuk memilih dan menetapkan ketua Dewan Kerja Ranting Tegalwaru dan merumuskan program serta menentukan arah kebijakan Dewan Kerja Ranting pada ranah pengkaderan. Disampaikan juga bahwa kegiatan ini lebih pada mengartikulasikan perkembangan dinamika bangsa secara kreatif dan arif dalam perspektif Dewan Kerja Ranting. Menurutnya, DKR merupakan media untuk belajar berdemokrasi. Serta mengetahui peran dan fungsi pengurus yang berbasis pengkaderan. "Pengkaderan diharapkan dapat memberikan motivasi yang berarti bagi pengurus DKR, terlebih bagi para pengurus DKR baru ini," ujarnya.
Tak hanya itu, pengurus DKR yang akan meneruskan roda keorganisasian diharapkan dapat meningkatkan kreativitas yang menjadikan penunjang hidup secara ekonomi. Alasan tersebut disampaikan karena siapapun orangnya membutuhkan biaya, maka kegiatan di masa bhakti DKR ini selain mengerjakan tugas utama berupa intruksi, juga dapat beraktifitas yang bernilai usaha ekonomi.
Firman (22) pembimbing DKR Tegalwaru saat ditemui mengatakan, selaku pembimbing dari kepengurusan DKR maka dirinya harus belajar bertanggungjawab dalam setiap kegiatan. Selain mempunyai kewajiban mengarahkan dalam kegiatan rutin, juga untuk masa kepengurusan DKR ini harus dapat mewujudkan kegiatan yang lebih bermanfaat di masa yang akan datang. Dan yang dimaksud dalam kegiatan yang lebih bermanfaat di masa yang akan datang ini tiada lain mengarahkan dalam bentuk kegiatan yang bernilai usaha, bernilai ekonomis. Namun harus dipertegas dalam kegiatan ekonomi tersebut jangan sampai menjadi kendala jika ada kegiatan utama.
Firman juga mempunyai harapan dengan akan mengarahkan pada pengurus DKR mencoba untuk usaha dapat meningkatkan loyalitas terhadap organisasi. Selaku pembimbing Firman menceritakan proses kegiatan pelantikan DKR ini sebelumnya melakukan kegiatan penjelajahan dengan berjalan kaki hingga bermalam. Adapun rute yang ditempuh berjalan kaki dari pasar Loji hingga Curug Cipanunda dan balik lagi ke Kampung Cicangor, Desa Kutamneuh, dan bemalam di tempat tersebut. Selanjutnya kembali lagi ke pasar Loji dengan jalan kaki. "Penjelajahan dilakukan untuk meningkatkan kekompakan serta kepedulian terhadap sesama, serta untu mengenal lingkungan di sekitar dengan lebih cepat. Saya berharap dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam pengurus DKR dengan dasar Tri Setia dan Dasa Darma Pramuka," ujarnya.
Eni Suryati, ketua DKR terpilih, warga Kampung Cicangor, Desa Kutamneuh, mengatakan, motivasi aktif dalam kepramukaan tiada lain peningkatan pengetahuan, terlebih dalam kepanduan yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Eni juga menyadari bahwa Dewan Kerja Ranting adalah badan kelengkapan Kwaran. Dewan Kerja Pramuka dan Pandega Ranting (DKR) ini merupakan wadah pengembangan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega, berkedudukan sebagai bagian dari kwartir ranting yang mengelola Pramuka Penegak dan Pandega. "Dalam kerja-kerja organisasi diperlukan program kerja yang jelas atas hasil musyawarah dengan prinsip berencana untuk bekerja, bekerja atas hasil rencana," tuturnya. (ark)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.