Bupati Lantik Empat Pejabat Eselon 2 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Bupati Lantik Empat Pejabat Eselon 2

Bupati Lantik Empat Pejabat Eselon 2

Written By Mang Raka on Kamis, 11 April 2013 | 14.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, SH melantik 4 pejabat eselon 2 yang menempati jabatan strategis di Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan di gedung negara Pemkab Purwakarta, Rabu (10/4).

Mereka yang dilantik ialah Plt. Sekretaris Daerah Drs. H. Padil Karsoma, M.Si menjadi Sekda Purwakarta. Dr. Hj. Anne Hediana Kusuma, yang sebelumnya menjabat kepala Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) menjadi kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta. Drs. Carma Rukhiat, sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Kesehatan, mendapatkan promosi  menjadi kepala BKBPIA, dan terakhir promosi kepala bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Entis Sutisna, BE menjadi kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang menggantikan Ir. Martono, MM yang memasuki masa pensiun.
Bupati mengatakan, pelaksanaan pelantikan pejabat yang biasanya terkesan luar biasa, sekarang sengaja dibuat sederhana dan tanpa protokoler yang berlebihan. Misalnya saja saat ini melantik jabatan sekda, dikemas dengan sederhana dan singkat. Namun menurut bupati, yang terpenting bukan pada prosesi pelantikannya, tetapi sejauhmana mutasi dan rotasi pejabat ini dapat memberikan ruang gerak yang cukup bagi pejabat baru untuk berkiprah dan mengabdi lebih baik lagi. Untuk itu Bupati meminta, sekda sesegera mungkin melakukan managerial di sekretariat daerah. Managerial sekretariat daerah bukan hanya hal-hal yang bersifat administratif kedinasan, tetapi juga hal kecil seperti penataan setiap ruangan di sekretariat daerah, memeriksa kebersihan kantor sekretariat daerah, dan berbagai kerja-kerja kecil lainnya dengan mengedepankan peran dan fungsi staf bawahannya. Yang sebenarnya hal kecil demikian merupakan cermin kepribadian para pegawai dalam fungsinya sebagai pelayan masyarakat.
Sementara terkait peran dan fungsi Dinas Kesehatan, Dedi berharap Dinkes bisa maksimal menekan angka kematian akibat ibu melahirkan, peristiwa gizi buruk dengan melakukan pencegahan dini pada ibu hamilnya. tentunya itu semua dengan melakukan optimalisasi pelayanan siaga dibidang perawatan dan pengobatan, yang sebentar lagi didukung ambulans on call 24 jam yang disebar di setiap Puskesmas. “Esensi pelayanan kesehatan itu ada di Puskesmas, untuk itu kadinkes harus keliling berkantor di setiap Puskesmas untuk melakukan pembinaan bawahannya dan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Dedi.
Program Gempungan di buruan urang lembur dengan menyuguhkan berbagai pelayanan publik terkait program KB, telah memperihatkan keberhasilan angka kepesertaan KB dan direspon cukup baik oleh masyarakat. hal ini salah satu keberhasilan BKBPIA, yang tentu perlu didorong dengan program lainnya. Disamping program PNPM yang perlu diarahkan pada infrastruktur jalan dan penyediaan air bersih.
Terkecuali itu, terkait peran dan fungsi dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dedi berharap di Purwakarta tidak ada lagi banjir yang memenuhi jalan di ruas kota. Tentunya dengan melakukan penataan drainase. “Bila perlu dibongkar trotoarnya, maka secepatnya bongkar dan perbaiki saluran drainasenya. Seperti halnya di Situ Buleud,” terang bupati.
Bupati menegaskan, pembangunan di Kabupaten Purwakarta yang sangat tajam dan cepat ini, harus diimbangi dengan kualitas pembangunannya. Jalan hotmik dan beton, maka bahannya harus yang berkualitas. Begitupun pelayanan publik lainnya, kesehatan harus didukung dengan peralatan medis yang modern. Sehingga, orientasi berikutnya, adalah pembangunan yang mengedepankan kualitas. (nos)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template