BPMPD: Pilkades 34 Desa Tetap Digelar Juni 2013 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » BPMPD: Pilkades 34 Desa Tetap Digelar Juni 2013

BPMPD: Pilkades 34 Desa Tetap Digelar Juni 2013

Written By Mang Raka on Rabu, 10 April 2013 | 14.00

-Raperda Desa Dibahas Setelah Pengesahan RUU Desa

KARAWANG, RAKA – Polemik yang telah muncul dalam beberapa hari terakhir terkait pandangan Ketua DPRD Tono Bahtiar yang meminta pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di 34 desa diundur dari jadwal bulan Juni 2013 mendatang, langsung ditegaskan pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Karawang bahwa jadwal pilkades tersebut tetap sesuai rencana semula.
“Kami di BPMPD bersama Komisi A DPRD telah sepakat akan mengamandemen pasal terkait syarat calon kades di Perda nomor 6 tahun 2006 tentang Pemerintahan Desa setelah RUU Desa yang sedang digodok DPR RI berhasil dituntaskan menjadi Undang-undang. Keputusan ini diambil agar jangan sampai mengganggu pelaksanaan pilkades di 34 desa yang telah dijadwalkan bulan Juni mendatang,” tegas Kabid Pemerintahan Desa BPMPD Karawang Wawan Hernawan, kepada para wartawan di ruang kerjanya, Selasa (9/4).
Tandas dia, untuk mempersiapkan pelaksanaan pilkades tersebut pihaknya sudah membuat jadwal pembentukan Panitia Pilkades bulan April ini. Semua tahapan itu, tegasnya, telah diajukan ke bupati agar segera ditandatangani. Sehingga mulai pekan depan seluruh tahapan pilkades dapat bergulir sebagaimana rencana yang telah dimatangkan OPD-nya.
“Dari 34 desa yang akan digelar pilkades, Juni mendatang, tersebar di 18 kecamatan di wilayah Kabupaten Karawang. Maka untuk menghindari kemungkinan jadwal ini molor akibat amandemen pasal yang mengatur syarat calon kades di Perda 6/2006 tidak tepat waktu, kami telah sepakat dengan DPRD di Komisi A memundurkan rencana amandemen perda tersebut setelah RUU Desa diparipurnakan DPR RI, dan masuk di lembaran Negara,” ulang Wawan mempertegas.
Disebutkan dia lagi, ke-34 desa yang disiapkan menggelar pilkades itu antara lain, Desa Amansari Kecamatan Pangkalan, Desa Anggadita dan Pancawati Kecamatan Klari, Desa Talagasari dan Kalisari Kecamatan Telagasari, Desa Kutamekar, Parungmulya, Kotapohaci dan Kutanegara Kecamatan Ciampel, DesaTegalsawah dan Warungbambu Kecamatan Karawang Timur, Desa Kertaraharja Kecamatan Pedes, Desa Kertamukti dan Rawasari Kecamatan Cilebar, Desa Parakan dan Cipondoh Kecamatan Tirtamulya, serta Desa Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat.
Desa lainnya, lanjut Wawan, adalah Desa Sukamulya, Bayur Kidul dan Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Desa Mekarjaya dan Purwasari Kecamatan Purwasari, Desa Kedawung Kecamatan Lemahabang, Desa Cibadak, Gombongsari, Purwamekar dan Panyingkiran Kecamatan Rawamerta, Desa Pagadungan, Sumberjaya, dan lemahduhur Kecamatan Tempuran, Desa Pasirjengkol Kecamatan Majalaya, Desa Batujaya Kecamatan Batujaya, dan Desa Rawagempol Kulon, hingga Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.