Beredar SMS Peserta UN Tahun Ini Bakal Diluluskan Semua - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beredar SMS Peserta UN Tahun Ini Bakal Diluluskan Semua

Beredar SMS Peserta UN Tahun Ini Bakal Diluluskan Semua

Written By Mang Raka on Rabu, 17 April 2013 | 14.00

CIKAMPEK,RAKA- Carut marutnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK tahun ini, dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggungjawab dengan menyebarkan sejumlah pesan singkat melalui handphone (SMS) ataupun menggunakan Blackberry Messenger (BBM) pada peserta UN dan berpotensi merusak konsentrasi mereka. Entah darimana awal mulanya pesan tersebut disebar belum ada yang tahu.
Seperti telah diketahui, bahwa pelaksanaan UN tahun ini bisa dibilang tidak sukses. Selain gagal dilaksanakan serentak secara nasional karena ada 11 provinsi yang batal melaksanakan UN, juga pada pelaksanaan hari pertama UN Senin (15/4) kemarin, banyak ditemukan kekeliruan. Semisal tertukarnya antara lembar soal dan lembar jawaban. Hal itu terjadi di beberapa SMK di Karawang.
Kondisi tersebut, dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengirimkan sejumlah pesan yang berpotensi memperkeruh suasana UN dan bisa berdampak negatif secara psikologis terhadap peserta UN, melalui SMS maupun melalui BBM. Dalam pesan tersebut, dinyatakan bahwa UN tahun ini telah gagal dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan meluluskan seluruh peserta UN tahun ini. Berikut isi pesan tersebut "Info terbaru dari di dinas: bahwa tahun angkatan ini anak" sma dan smk lulus semua di karnakan angkatan tahun ini sebagai kelinci percobaan sistem barcode.Share ya ke anak" kelas 3 di contak hp kalian , terimakasih. #aamiin #alhamdulillah :) Sebarkan!!"
Selain pesan tersebut, beredar juga pesan lainnya dengan isi yang hampir mirip. Tapi dalam pesan yang kedua ini, mencatut salah satu situs berita online dan mencatumkan alamat URL-nya. Tapi setelah dicek diinternet, ternyata alamat URL tersebut tidak terdaftar dan tidak bisa dibuka. Berikut isi pesan yang tersebar tersebut, "Asslmkm.. UN thn ini gagal, kemendikbud akan pastikan lulus untk smua siswa, silahkan cek, @detikcom atau http://t.co/md.. Sebarkn, jgn pelit penting ni!"
Pesan-pesan tersebut disebar ke para peserta UN dan banyak yang sudah menerima SMS tersebut. Beruntung, peserta UN cukup bijak dalam menanggapi hal ini dan tidak terpengaruh dengan isi pesan tersebut. "Iya bohong kali ya, yang penting saya mah fokus belajar saja," kata salah seorang peserta UN, Vita pada RAKA, Selasa (16/4) kemarin.
Sementara itu, Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Karawang, Ahmad Fauzi meminta, instansi terkait untuk mengusut sumber pesan tersebut. Dikhawatirkan hal ini terulang kembali. "Seharusnya ini diusut, darimana sumbernya, siapa penyebarnya. Soalnya ini berpotensi memperkeruh suasana UN," tuturnya.
Selain itu Fauzi meminta, agar peserta UN tidak terpengaruh dan terpancing oleh pesan-pesan yang sumbernya tidak jelas seperti itu. Fokus belajar dan berdoa agar mendapatkan hasil yang maksimal. "Mudah-mudahan tidak mempengaruhi konsetransi siswa. Yang terpenting siswa harus tetap belajar dengan baik dan raji berdoa, semoga hasilnya bisa maksimal," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Ya emang harus dilulusin semua, saya aja yg UN dimulai tanggal 15 ternyata 2 hari ini sya tdk ikut UN krna tdk ada s0alnya, g kebagian.. Lucu kan? ANEH !! Kalo ada yg GAK LULUS bkalan bnyak yg NGAMUK TUH !! :@

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.