Waspadai Hama Kupu-kupu Putih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Hama Kupu-kupu Putih

Waspadai Hama Kupu-kupu Putih

Written By Mang Raka on Senin, 25 Maret 2013 | 14.00.00

RENGASDENGKLOK,RAKA- Pemerhati lingkungan di wilayah utara Karawang, Dedi Supriuadi mengingatkan, kemunculan hama kupu-kupu putih di sepanjang jalan penghubung antar desa dan antar kecamatan, perlu diwaspadai. Terutama bagi pengendara sepeda motor, sehingga tetap menjaga keselamatan bagian mata saat berkendaraa di waktu malam.
"Kalau biasanya tidak pakai helm, melihat bahaya hama kupu-kupu putih yang berterbangan di atas jalan raya, lebih aman bila menggunakan helm untuk pelindung mata," ungkap Dedi kepada RAKA, sambil memperihatkan kondisi mata yang mulai pulih sejak diterpa hama kupu-kupu.
Menurutnya, hama kupu-kupu putih tersebut diyakini berasal dari pematang sawah, melihat karakter binatang tersebut lebih identik muncul ketika usia tanaman padi sudah siap dipanen. Mengingat sebagian besar padi yang ada di Kecamatan Rengasdengklok sudah mulai memasuki panen raya. "Hama kupu-kupu adanya di malam hari. Karena itu bukan hanya membahayakan pengguna jalan yang tidak dilengkapi dengan pelindung mata atau helm. Hama kupu-kupu di sepanjang jalan raya, pada awalnya menyerang tanaman siap panen milik petani," jelasnya.
Selain itu, menurut Hilman, salah seorang ahli medis di Kecamatan Pedes menjelaskan, meski banyak serbuk putih kupu-kupu yang mengenai tubuh atau mata saat berkendara. Tetapi  hingga saat ini, selain dirinya sendiri juga sering terkena oleh hama kupu-kupu tersebut. Diakuinya, memang belum sampai ada masyarakat yang mengalami sakit mata hingga kebutaan akibat terkena hama kupu-kupu. Kendati sejak kemunculan kupu-kupu putih beberapa pengguna jalan mengalami gatal-gatal massal. "Rata-rata akibat terkena serbuk putih dari kupu-kupu tersebut. Kalau mata sudah terkena serbuk putihnya, jangan dikucek-kucek bila tidak ingin jadi sulit disembuhkan. Kalau cuma gatal-gatal di kulit, tidak beresiko. Kalau bisa setelah terkena hama kupu-kupu tersebut, kulit yang terkena oleh hama tersebut basuh dengan air hangat dan biarkan sejenak. Serta sebaiknya hindari perjalanan malam bila tidak menggunakan pelindung mata," katanya. (dri)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template