Subang Bakal Jadi Penghasil Ikan Terbesar se Indonesia - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Subang Bakal Jadi Penghasil Ikan Terbesar se Indonesia

Subang Bakal Jadi Penghasil Ikan Terbesar se Indonesia

Written By Mang Raka on Rabu, 27 Maret 2013 | 14.00

SUBANG, RAKA - Kabupaten Subang bakal menjadi Kabupaten penghasil ikan terbesar di Indonesia. Hal ini seiring dengan turunnya program minapolitan yang dilakukan oleh kementerian kelautan. Pencanangan program tersebut dilaksanakan di ruang rapat bupati Subang, Senin (26/3).

Menurut Direktur Prasarana dan Sarana Budidaya Ditjen Perikanan Budidaya,  Iin Junaidah, Minapolitan ialah konsep pembangunan dalam rangka meningkatkan produktifitas dengan strategi industrialisasi Perikanan Budidaya dengan berbagai pendekatan. Iin menambahkan, berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) No. 18/Men/2011 yang dimaksud dengan Minapolitan ialah Konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan.
"Tujuannya ialah untuk meningkatkan produksi, produktifitas dan kualitas produk kelautan dan perikanan, meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah ikan yang adil dan merata, dan mengembangkan kawasan minapolitan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di daerah," ujar Iin.
Minapolitan sendiri, tambah Iin, sebagai embrio industrialisasi sektor perikanan. Salah satunya dengan pendekatan mengoptimalkan lahan sawah saat tidak ditanami padi digunakan menanam ikan atau produk perikanan. Menurut Iin, Kabupaten Subang sendiri, sudah mendapatkan program revitalisasi perikanan yang selanjutnya menjadi industrialisasi perikanan. "Program ini dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah dengan mengoptimalkan potensi perikanan, baik laut maupun darat. Sedangkan Pemerintah Pusat memfasilitasi kegiatan dengan seoptimal mungkin. Dalam rapat tadinya, dilakukan dukungan program mulai dari dirjen binamarga dan lainnya, hal ini guna mendukung terlaksananya program Minapolitan," jelas Iin.
Sementara itu Bupati Subang, Ojang Sohandi mengatakan, jika program yang digelontorkan oleh pemerintah pusat melalui kementerian perikanan dan kelautan, merupakan sebuah anugerah yang sangat besar. Sebab, tambah Ojang dengan adanya program minapolitan, maka potensi yang ada di Kabupaten Subang, dapat ditingkatkan terus. "Dalam program yang ada, akan terintegrasi semuanya, mulai dari sarana infrastruktur jalan hingga sarana irigasi, hingga potensi ikan yang ada di Kabupaten Subang ini dapat menjadi komoditas unggulan. Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana caranya agar perikanan ini tidak sampai berebut air dengan pertanian, dan itu yang tengah dibahas untuk dicari solusinya,"ujar Ojang.
Menurut Ojang, berdasarkan laporan yang dia terima, konsep Mina politan cukup berhasil baik dilaksanakan di Kabupaten Subang. “Salahsatunya seperti dilaporkan oleh Pa Mimin sebagai pelaku (perikanan) yang mengatakan bahwa pada setiap panen perdana menghasilkan 30 ton pada penen perdana yang dilaksanakan bersama Pak Mentri,” jelasnya.
Namun, lanjut Ojang, masih banyak tantangan-tantangan yang dihadapi oleh petani. Diantaranya infrastruktur jalan yang kurang menunjang sehingga dalam transportasi bisa mengurangi kualitas hasil. “Karena jika mengalami keterlambatan dalam pengiriman akan mengurangi kualitas dan menambah beban untuk transportasi,” tambahnya.
Menurut Ojang, bila kemudian kerja yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik, maka pihak Pemkab Subang akan meminta supaya difasilitasi yang lebih besar lagi. Namun, tambah Ojang, jika kemudian hari tidak berhasil, agar tidak diberi bantuan lagi, sebagai bentuk hukuman. "Namun, jika melihat potensi yang ada, Kami malah menantang kepemerintah pusat, untuk memberikan program agar lebih memacu produksi perikanan di Kabupaten Subang. Saat ini saja dengan udang vamane, Kabupaten Subang sudah bisa disebut sentra udang vaname, karena untuk tahap awal saja, sudah mampu panen sampai 30 ton udang, ini yang luar biasa," tegas Ojang. (eko)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.