Serikat Pekerja PT Chang Shin Minta Upah Sesuai UMK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Serikat Pekerja PT Chang Shin Minta Upah Sesuai UMK

Serikat Pekerja PT Chang Shin Minta Upah Sesuai UMK

Written By Mang Raka on Senin, 25 Maret 2013 | 14.00

KLARI, RAKA- Serikat pekerta tingkat perusahaan PT. Chang Shin Indonesia Federasi Serikat Pekerja Karawang, Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (SPTP CSI-FSPEK KASBI), meminta PT. Chang Shin Indonesia, segera memberlakukan UMK Karawang sebesar Rp. 2.030.000.
Menurut Ketua SPTP CSI-FSPEK KASBI, R. Gin Gin Sugiana ST, sejak ditetapkannya UMK Karawang beberapa waktu yang lalu, perusahaan yang memproduksi sepatu tersebut, belum menunaikannya. Perusahaan meminta penangguhan selama satu tahun. Sehingga, saat ini buruh PT Chang Shin menerima gaji sebesar Rp.1.750.000. "Perusahaan meminta penangguhan selama satu tahun. Dari UMK yang ditetapkan sebesar Rp 2.030.000, saat ini kami masih menerima gaji sebesar Rp 1.750.000," katanya usai dikukuhkan sebagai ketua serikat Sabtu (23/3) kemarin.
Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya akan terus memperjuangkan pemenuhan UMK sesuai dengan keputusan pemerintah tersebut, dengan cara yang elegan dan bermartabat serta melakukan komunikasi dengan perusahaan. "Ini akan terus kita perjuangkan karena ini merupakan hak, tentutanya dengan tetap mengedepankan cara-cara yang elegan dan bermartabat. Kami berharap, upah yang kami terima bisa sesuai dengan UMK yang telah ditetapkan," ucapnya.
Selain itu, lanjut Gin Gin, selama periode kepengurusannya sampai 2016 mendatang, pihaknya akan terus konsisten memperjuangkan perjuangan buruh seperti tolak upah murah, praktek outsourcing dan kebebasan berserikat. Hal lain yang akan diperjuangkannya, mengenai peningkatan pelayanan kesehatan dan tunjangan bagi karyawan. "Saat ini semua telah berjalan dengan baik, tapi masih ada yang perlu diperbaiki dan itu yang akan kita perjuangkan," ucapnya.
Mengenai jumlah anggota serikat yang baru didirikan ini, Gin Gin mengatakan, saat ini, lanjut Gin Gin, jumlah anggota serikatnya di bulan pertama berjumlah 1500 orang. "Kami optimis jumlah anggota kami di bulan berikutnya bisa terus bertambah. Kami menargetkan mencapai 6000 anggota. Saat ini, jumlah pengurus sebanyak 40 orang," tuturnya.
Gin Gin berharap, melalui serikat tersebut, kesejahteraan buruh bisa tercapai. Pihaknya akan konsisten memperjuangkan hak-hak buruh. "Kami berharap, kesejahteraan buruh bisa tercapai, salah satunya pemenuhan UMK Karawang sebesar yang telah ditetapkan," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

4 komentar:

  1. ada kah akibat yang terjadi apabila pt csi di upah 2030..........dan pa tindak lanjut anda apa bila pt csi mengurangi karyawan nya karna dampak hal tersebut....pikir kan kehidupan layak mereka apa bila apa bila nyampe terjadi pengurangan

    BalasHapus
  2. yahhh...beruntung pt.csi masih masuk dalam kategori KHL...coba perhatikan, salah satu pabrik tas dan garmen di daerah mangga besar, walahar, karawang, kenapa sama2 kategori TSK tapi umk berbeda, disini buruh hanya mendapat upah Rp. 1.690.000, uang transpot dan uang hak cuti haid ( bagi karyawan wanita ) yang sebelumnya ada, sekarang ditiadakan.tolong pihak radar karawang memuat info mengenai pabrik tersebut.

    BalasHapus
  3. apalagi di PT.Mitra Alumindo Selaras,
    yang beralamatkan di Jl. Kopel, Desa Gintung Kerta Klapanunggal Klari 41371, Karawang Timur, Jawa Barat, Indonesia
    yang masih tetangga Pt.Chang shin,,
    di sini pabrik yg masuk katagori produksi METAL, namun di sini cuma mendapatkan gaji Rp,2.000.000 bagi yang sudah senior, sisanya di bawah angka Rp,2.000.000 dan di tambah potongan uang makan sebesar 7.500 x 26 = 195.000,
    tidak ada tunjangan apapun, dan ditambah dilarangnya kebebasan berserikat dengan membuat surat pernyataan di atas materai, tolong kepada media RADAR KARAWANG untuk di publikasikan,,
    Terimakasih

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.