Haflah Ikhtitam akan Dihadiri Ribuan Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Haflah Ikhtitam akan Dihadiri Ribuan Orang

Haflah Ikhtitam akan Dihadiri Ribuan Orang

Written By Mang Raka on Kamis, 28 Maret 2013 | 14.00

SUBANG, RAKA - Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri acara Haflah Ikhtitam yang digelar Pondok Pesantren Minhajut Thalibin. Berbagai persiapan dalam rangka mengisi acara haflah ikhtitam nampaknya sudah sangat matang, bahkan acara sapta lomba sudah dimulai sejak malam senin lalu.

Rentetan acara yang akan memeriahkan acara tahunan itu nampaknya menunjukan bahwa Ponpes Minhajut Thalibin di Subang menjadi salah satu Pondok Pesantren unggulan. Acara intinya adalah Khormul Qur'an dan tausiyah keagamaan sebagai penguat keyakinan para hadirin yang kelak akan menghadiri acara penutupan pengajian itu. "Biasanya hadirin yang hadir itu ribuan. Yang hadir itu adalah masyarakat setempat, wali santri, para alumni dan keluarga alumni," ujar Ketua Panitia Haflah Ikhtitam Ponpes Minhajut Thalibin, M.Mujahid, S.Pd.I kepada RAKA Rabu (27/3).
Acara intinya adalah Khotmul Qur'an, bahkan para peserta khotmul kuran ini bisa dikatakan sebagai pengantin di acara tahunan itu, maka sebelum peserta khotmul qur an naik panggung untuk membacakan ayat-ayat suci al qur an, terlebih dahulu diarak dengan menggunakan rebana dan diiringi 1.000 lampion mulai dari ujung Kampung Pungangan sebelah timur sampai ke panggung yang berada di ujung barat Pungangan. "Santri yang ikut hataman qur an itu, adalah santri yang layak untuk diberi sanad qur an, jadi harus fasih dalam membaca Al-qur an, sesuai dengan riwayat imim yang dibacakan yakni Imam Hafas bin Sulaiman, kemudian ikhfa, idghom, dan yang lainnya harus faham. Disamping itu para peserta hataman qur an juga sudah mengkaji qiroat sab'ah, artinya cara baca dari 7 imam qiroat sudah dipelajari," ujarnya.
Disampaikan Jahid, dalam acara Haflah, akan hadir juga salah satu menteri, kemudian yang akan mengisi juga mubaligh kondang putra dari almarhum KH.Fuad Hasyim dari Buntet Pesantren Cirebon, yakni DR. KH.Abbas Bilyaschi Fuad Hasyim dan akan hadir juga Direktur Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Drs.H. A Saifuddin.MA dan Bupati Kabupaten Subang, H.Ojang Sohandi, juga akan turut hadir dalam acara tersebut.
"Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan, dan harus di sampaikan bahwa Ponpes minhajut Thalibin adalah salah satu dari 5 Ponpes yang ada di Dusun Pungangan Desa Rancabango Kecamatan Patokbeusi," ujarnya.
Mujahid juga menyampaikan, sama seperti tahun lalu, bahwa para alumni Minhaj akan menggelar reuni, sehingga diperkurakan pada hari jum at, para alumni sudah mulai datang, dan pada hari jum at juga ada acara final Cerdas Cermat Ilmu Nahwu (CCIN). "CCIN ini menjadi hal yang sangat ditunggu oleh para alumni dan masyarakat untuk menyaksikan bagaimana pemahaman para santri menjawab pertanyaan seputar ilmu nahwu yang dilontarkan oleh dewan juri," ujar Mujahid seraya menyampaikan puncak acara adaha pada hari Sabtu malam Minggu tanggal 30 Maret 2013. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.