300 Fasilitator Daerah Disiapkan Latih Guru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 300 Fasilitator Daerah Disiapkan Latih Guru

300 Fasilitator Daerah Disiapkan Latih Guru

Written By Mang Raka on Rabu, 20 Maret 2013 | 14.00

Hari ini, program United State Agency for International Development  (USAID) Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengawali penyelenggaraanTraining of Trainers (TOT). Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan lebih dari 300 orang fasilitator yang akan menjadi tenaga utama peningkatan mutu pendidikan dasar di 9 kab/kota dan 2 perguruan tinggi mitra USAID PRIORITAS se-Jawa Barat.

Maka, selama sepekan para calon fasilitator ini dilatih berbagai praktik yang baik mengenai pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah. “Kami sedang menyiapkan tidak kurang dari 300 orang fasilitator yang akan bertindak menjadi tenaga inti USAID PRIORITAS dalam membuka akses pendidikan yang berkualitas di Jawa Barat,” ujar Erna Irnawati, Provincial Coordinator USAID PRIORITAS Jawa Barat.
“Kami tengah berupaya menjawab tantangan pendidikan di Jawa Barat, terutama seiring dengan implementasi kurikulum 2013, untuk menyediakan layanan pendidikan dasar berkualitas. Para fasilitator hasil TOT program USAID PRIORITAS ini diharapkan menjadi ujung tombak usaha kami dalam menjawab tantangan tersebut,” harap Dedi Sutardi, Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat saat membuka kegiatan TOT tersebut.
Peserta TOT terdiri atas 270 orang calon Fasilitator Daerah (Fasda) yang akan bertugas memfasilitasi pelatihan sekolah (guru, kepala sekolah/madrasah, dan komite sekolah) di 9 daerah mitra, 32 orang Fasilitator LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) yang akan memfasilitasi pelatihan di perguruan tinggi, dan 8 orang utusan dari LPMP, BPPTK-PU, P4TK-IPA, dan Kemenag Jabar. Pada gilirannya, para fasilitator tersebut akan bahu-membahu meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen pada SD/MI dan SMP/MTs mitra di 9 daerah serta 2 perguruan tinggi mitra. "USAID akan membantu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan madrasah agar memiliki akses yang lebih baik terhadap pendidikan berkelas dunia," kata Erna Irnawati lebih lanjut. "Program ini diharapkan akan membantu siswa-siswa di Jawa Barat untuk mengembangkan potensi mereka dan menempatkan mereka ke jalan yang tepat menuju kesuksesan."
Kiprah para fasilitator Program USAID PRIORITAS akan secara langsung memberikan manfaat kepada lebih dari 40.000 siswa di 9 kabupaten/kota di Jawa Barat. Kabupaten/kota ini mencakup Ciamis, Kota Cimahi, Bandung Barat, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Karawang, Subang, Indramayu, dan Garut. Program pendidikan ini merupakan salah satu komponen kunci dari Kemitraan Komprehensif Amerika-Indonesia, yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama dan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010 untuk meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan antara kedua negara. USAID dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengumumkan peluncuran Program USAID PRIORITAS di Jawa Barat pada bulan November 2012. Peluncuran ini merupakan bagian dari program pendidikan USAID senilai US$83,7 juta guna meningkatkan kualitas pendidikan di sepuluh provinsi se-Indonesia. (rk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.