Jatah Seragam Linmas Rp 2,5 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jatah Seragam Linmas Rp 2,5 Miliar

Jatah Seragam Linmas Rp 2,5 Miliar

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Februari 2013 | 14.00

KARAWANG, RAKA – Anggaran pengadaan seragam bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Karawang yang sudah masuk APBD Murni 2013, mencapai Rp 2,5 miliar untuk 3.090 orang.
Aktivis Gerakan Rakyat Pemberantas Korupsi (GRPK) Asep Toha menilai, angka tersebut terlalu besar. “Berdasarkan hitung-hitungan kami, posting anggaran sebesar itu terlalu gede. Kami khawatir, justru angka ini menjadi godaan bagi OPD yang dititipkan anggarannya. Setidaknya, peluang mark up sangat besar. Ini yang harus menjadi perhatian bersama. Bukan berarti kami tidak setuju anggota Linmas atau dulu dikenal dengan istilah Hansip diberikan seragam baru. Tapi ya dari sisi anggaran mesti realistis,” ungkap Asep kepada sejumlah wartawan, Rabu (20/2).
Menurut kalkulasi sederhana dia, uang sebesar Rp 2,5 miliar jika dibagi 3.090 akan muncul angka Rp 809 ribu per anggota Linmas. Pertanyaan dia, apakah realistis pakaian seragam berikut atribut hingga semahal itu? Logikanya, paling mahal tidak akan lebih dari Rp 500 ribu per seragam. Berarti ada sisa yang ditakutkan dia, menjadi kecenderungan mark up atau penggelembungan harga. “Apabila sampai terjadi hal-hal yang kami khawatirkan, jelas sangat keterlaluan. Kami berharap, keluguan dan keikhlasan para anggota Linmas dalam mengabdi kepada masyarakat jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum untuk berbuat korup,” wanti-wanti Asep.
Anggota Komisi A DPRD Karawang yang duduk di Badan Anggaran (Banggar), Ace Sopyan Mustari, membenarkan bila anggaran di APBD Murni 2013 untuk pembelian seragam anggota Linmas sebesar itu. Namun Ace bilang, posting anggaran tersebut diperuntukan pula buat menaikkan honor anggota Linmas dari Rp 50 ribu per orang setiap bulan menjadi Rp 100 ribu. “Sebenarnya pengadaan seragam untuk Linmas atas usulan Komisi A yang disampaikan melalui Banggar DPRD. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada pelindung masyarakat di tingkat desa. Selama ini kita akui, kesejahteraan mereka kurang diperdulikan. Alokasi anggaran pengadaan seragam baru mereka ini berada di Satpol PP, sesuai Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2010. Di mana Satuan Linmas berada di bawah naungan OPD ini,” jelas Ace. (vins)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. 2,5 mil tidaklah masalah yg penting terwujud dn tidak ada manipulasi dlm pembelian barang.

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.