BPD Minta Kelola Anggaran Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » BPD Minta Kelola Anggaran Sendiri

BPD Minta Kelola Anggaran Sendiri

Written By Mang Raka on Selasa, 19 Februari 2013 | 14.00

-Tak Mau Gajinya Dititipkan di Rekening Kades

KARAWANG, RAKA - Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD) merekomendasikan agar Pemkab Karawang mengucurkan anggaran bagi honorarium dan operasional BPD tidak lagi disatukan dengan kades maupun perangkat desa buat peruntukan yang sama.
Hal itu dikemukakan Ketua FK-BPD Kabupaten Karawang Saleh Effendi dalam sambutannya usai dilantik di aula Husni Hamid Pemkab, Senin (18/2). Menurutnya, rekomendasi itu bertujuan untuk menciptakan tertib administrasi. Walaupun BPD bagian dari pemerintahan desa, kata Saleh, tapi tugas dan fungsinya berbeda. Keberadaan BPD sesuai diatur Undang-undang 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, menjadi representasi keterwakilan masyarakat desa bersama-sama kades membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Peraturan Desa (Perdes), serta punya fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintah desa. 
"Mereka adalah wakil rakyat di tingkat desa. Walaupun, peran BPD belum optimal seperti diamanatkan aturan perundang-undangan yang berlaku. Di sinilah keberadaan FK-BPD selaku mitra pemerintah turut membantu mengoptimalkan peran BPD. Termasuk membantu pula memaksimalkan hubungan mereka dengan perangkat desa. Oleh karenanya, kami anggap penting jika kedepan anggaran yang dikucurkan pemkab buat BPD tidak disatukan lagi dengan kades maupun perangkat desa," saran Saleh.
Alasan lain, lanjut pejabat eselon II yang sedang menduduki jabatan sebagai staf ahli bupati ini, bahwa penyatuan anggaran peruntukan BPD seringkali memunculkan konflik kedua lembaga desa ini di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Karawang. Maka itu, pihaknya berpendapat, solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalah tersebut di antaranya dengan cara memisahkan penganggaran keduanya, terutama anggaran subsidi atau bantuan dari pemerintah daerah.
"Guna membangun komitmen bersama dalam menjalankan pemerintahan desa, FK-BPD siap membuat Pakta Integritas bersama Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Cabang Karawang. Kami yakin, orang-orang yang terpilih menjadi anggota BPD di masing-masing desanya merupakan bagian dari tokoh masyarakat. Mereka bukan para petualang. Tidak pula memiliki keterkaitan dengan kepentingan-kepentingan ormas maupun partai politik tertentu," tandas Saleh.
Dari jumlah anggota BPD 2.746 orang yang tersebar di 297 desa se-Kabupaten Karawang, digarisbawahi Saleh, menjadi punya kekuatan penting bagi pemerintah daerah dalam membantu menyosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah ke arah terciptanya pemerintahan yang baik. "Pada kesempatan ini, FK-BPD minta bantuan bupati untuk memberikan pinjaman gedung buat kesekretariatan kami," ujarnya lagi sambil tersenyum.
Pada kesempatan sama, Bupati Ade Swara turut berharap agar FK-BPD beserta seluruh anggota BPD di Kabupaten Karawang bisa bersinergi dengan Pemkab Karawang untuk sama-sama membangun daerah ini. Disadarinya, menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat tidak sepenuhnya dapat ditangani pemkab secara sendirian, khususnya terkait pembangunan. "Selama ini pembangunan jalan terus. Apalagi ke depan, di Karawang akan dibangun pelabuhan dan bandara berskala internasional. Saya berharap, warga Karawang harus jadi pemain, bukan malah sekadar penonton," serunya. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.