BNI Syariah Beri Keuntungan Lebih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BNI Syariah Beri Keuntungan Lebih

BNI Syariah Beri Keuntungan Lebih

Written By Mang Raka on Jumat, 08 Februari 2013 | 14.00

-Gencar Sosialisasi Bagi Hasil

KARAWANG, RAKA - Sebelum bank syariah tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini, kita hanya mengenal bank konvensional. Di bank konvensional kita bisa melakukan kegiatan penyimpanan, peminjaman, dan masih banyak lagi yang lain. Di saat nasabah investor menyimpan dananya di bank, maka dia akan mendapatkan tambahan bunga sebagai imbalan. Sedangkan nasabah kreditur akan dibebankan bunga sebagai akibat dia melakukan pinjaman kepada pihak bank. Dan tingkat suku bunga kredit lebih besar dari tingkat bunga simpanan, karena dari selisih bunga tersebut, bank konvensional memperoleh pendapatan utama.

Suku bunga merupakan persentase dari jumlah pokok simpanan ataupun kredit, yang besarnya telah ditentukan dimuka. Bunga sudah dibebankan secara langsung kepada nasabah kredit sejak terjadinya transaksi, walaupun keberhasilan usahanya masih belum bisa diketahui. Itulah sistem bunga yang menjadi dasar operasional bank konvensional selama ini, dimana uang dijadikan sebagai komoditas yang diperjualbelikan.
Jika pada bank konvensional, para nasabah investor tidak dapat mengetahui kinerja keuangan bank dari indikasi bunga yang diperoleh, karena tiap bulan mendapatkan bunga yang besarnya tetap, tidak demikian dengan bank syariah. Di bank syariah, nasabah investornya dapat mengetahui secara langsung dengan mengamati bagi hasil yang dia terima. Jika jumlah keuntungan yang dihasilkan bank dari pembiayaan semakin besar, maka bagi hasil untuk nasabah investor/deposan/penabung juga semakin besar. Sebaliknya, jika bagi hasil yang diterima nasabah investor semakin kecil, maka hal itu disebabkan oleh menurunnya kemampuan bank syariah untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini merupakan peringatan dini bagi nasabah investor secara transparan akan kinerja bank syariah yang dipercayainya mengelola dana.
Selain itu, keberadaan bank syariah di Indonesia memberikan keuntungan tersendiri bagi umat Islam. Keuntungan yang didapat dapat berupa keuntungan spiritual dan material. Keuntungan spiritual karena bank syariah memberikan ketenangan kepada umat Islam dalam menjalankan transaksi perbankan. Apalagi di perbankan syariah harus ada Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas mengawasi operasional dan produk yang ditawarkan kepada umat Islam di Indonesia, apakah sudah sesuai dengan syariat Islam atau belum. Sedangkan dari segi material, bank syariah memberikan nisbah bagi hasil kepada nasabah.
Jika investasi yang dilakukan bank syariah mengalami keuntungan besar, maka nasabah akan mendapatkan nisbah bagi hasil yang besar. Apalagi, saat ini bank syariah mempunyai wewenang yang lebih luas dibanding bank konvensional. Bank syariah dapat melakukan transaksi jual beli (al-ba'i), sewa menyewa (ijarah), kerja sama bagi hasil (musyarakah dan mudharabah), pinjam meminjam (qard) dan trasaksi di bidang jasa. Prinsip utama dalam produk bank syariah yang mengacu pada prinsip bagi hasil, baik pada musyarakah dan mudharabah memakai sistem berbagi hasil keuntungan dan kerugian. Jika investasi yang dilakukan oleh bank syariah mengalami keuntungan, maka keuntungan dibagi antara pihak bank dan nasabah sesuai dengan prosi penyertaan modal. Sebaliknya jika investasi yang dilakukan mengalami kerugian, maka kerugiannya ditanggung bersama antara pihak yang melakukan investasi. Prinsip ini berdasar pada azas keadilan bersama.
Dan untuk Karawang, kini telah ada bank syariah yang siap menjadi mitra masyarakat baik untuk penyimpanan ataupun transaksi bank lainnya. ”Bank BNI Syariah bisa melayani semua transaksi seperti bank konvensional lainnya namun dengan sistem syariah. Dan kelebihan di BNI Syariah, apa yang ada di bank konvensional di BNI Syariah ada, tapi justru yang dikonvensional tidak ada di BNI Syariah ada, seperti contoh layanan sewa dan gadai,” aku Kepala Cabang BNI Syariah Karawang, Abu Muhammad Dwiono Koesen Al-Jambi kepada RAKA, disela- sela kegiatan sosialisasi BNI Syariah di acara Maulid KBIH Al-Madinah di Husni Hamid, kemarin.
Dalam kesempatan itu, BNI Syariah Karawang mulai membuat terobosan dengan menjalin kerjasama dengan KBIH di Karawang dalam hal dana talangan umroh dan haji. ”Dalam hal ini kita terus mensosialisasikan BNI Syariah kepada masyarkat. Dalam hal ini masih banyak yang belum begitu paham apa itu kelebihan bank syariah jika dibanding konvensional dengan masih banyak kaum muslim yang masih memparkirkan uangnya di bank konvensional. Untuk itu, BNI Syariah dengan usia yang baru sekitar 6 bulan terus melakukan sosilaisasi salah satu contoh seperti saat ini (kemarin) dengan KBIH di Karawang,” tuturnya.
Selain sosialisasi keuntungan berada di bank syariah, Dwiono juga saat ini sedang menggarap proyek persembahan rumah murah bagi masyarakat Karawang. ”Kita berikan program nyata dengan sudah dilakukannya kerjasama dengan pengembang untuk membangun rumah murah yang hanya di bawah Rp 150 jutaan. Hal ini sebagai proyek pertama di Karawang dan jika memang kedepan ada yang perlu kita lakukan akan banyak yang bisa kita lakukan. Untuk rumah murah itu saat ini yang akan dibangun berada di lahan satu hektar dan berada di Klari,” jelasnya.
Dan untuk rumah murah itu, selain kita akan memberikan harga di bawah Rp 150 juta, lahan yang kita berikan berukuran lahan yang lebih luas dari bangunan. Hal itu juga memberikan kesempatan pada penghuni jika kedepan punya uang bisa mengubah rumah dengan yang lebih besar. Dan untuk edisi pertama ini akan ada sekitar 70 rumah. ”Kita mencoba memberikan pemahaman kalau dengan sistem syariah, akan banyak keuntungan yang bisa didapat. Seperti rumah yang kita akan jual, bukan karena lahan dan kualitas rumah yang jelek, melainkan karena apa yang kita tawarkan berkat kerjasama dengan pengembang yang bukan hanya berorentasi profit semata, tapi juga syariah Islamnya yang dijadikan acuan,” terang Dwiono.(dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.