Pemda akan Berlakukan Disiplin Anggaran dan Pegawai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemda akan Berlakukan Disiplin Anggaran dan Pegawai

Pemda akan Berlakukan Disiplin Anggaran dan Pegawai

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Januari 2013 | 14.00

SUBANG, RAKA - Disiplin anggaran dan pegawai terhadap PNS di Subang akan segera diberlakukan. Hal itu dinilai perlu untuk meningkatkan pembangunan di kabupaten tersebut.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) H.Abdurakhman, mengatakan itu kemarin. Menurut dia, disiplin anggran dan disiplin pegawai merupakan faktor utama untuk meningkatkan pembangunan Kabupaten Subang, terlebih tahun 2013 adalah atun politis, dimana pada tahun 2013 itu akan diselenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Subang. “Jadi pemerintahanya harus kuat karena kalau tidak kuat akan mudah digoyang,” ujar Abdurakhman.
Lain dari itu tambah Abdurakhman, akuntabilitas Pegawai disetiap SOPD juga menjadi faktor penunjang keberhasilan pemerintah, karenanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini PNS adalah merupakan program prioritas Sekda. “Untuk para pegawai harus dibekali dengan pengetahuan yag cukup agar bisa bekerja sesuai dengan jabatanya,” ujarnya.
Menurut Abdurakhman, sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang dinilai masih minim pemahaman soal tata kelola anggaran karenanya salah satu kenapa realisasi anggaran pada tiap tahunya selalu numpuk pada akhir tahun atau triwulan keempat. “Banyak pencairan anggaran yang tidak tepat waktu sehingga menumpuk menjelang akhir tahun anggaran. Ini kan repot, belum lagi ditambah angaran biaya tambahan (ABT, red) dan yang lainya shingga serapan anggaran menjadi lamban,” ujar Abdurakhman.
Abdurakhman mencontohkan, Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PKUAPPAS) tahun lalu molor hingga November, padahal sejatinya rampung sejak Juli 2012. Selain itu, banyak anggaran yang seharusnya turun sejak triwulan pertama tetapi
baru cair menjelang akhir tahun.
Ketidakdisiplinan pencairan anggaran tersebut, menurut dia, diantaranya disebabkan minimnya pengetahuan PNS soal aturan penggunaan anggaran. Sebab, mekanisme pencairan dan penggunaan anggaran sudah ditentukan melalui sejumlah peraturan yang berlaku. “Kalau aturannya sudah dikuasai, pencairan anggaran tidak akan bermasalah. Sebab, tinggal diajukan saja, lalu anggaran akan cair sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.
Dengan tetap menjabat sebagai Sekretaris DPRD Subang, Abdurakhman kemarin mulai melakukan tugasnya sebagai Plt. Sekda Subang, menggantikan pejabat sebelumnya, Rahmat Solihin. Abdurakhman dilantik sebagai Plt. Sekda melalui SK Gubernur Jabar No. 133/Kep. 1279-BKD/2012 pada 28 Desember tahun lalu. Meski demikian Abdurakhman siap menjalani semua sesuai dengan tupoksinya. “Saya fikir menjadi Sekda itu tidak lebih berat dibandingkan menjadi sekwan, namun tetap saja saya meminta dukungan semua pihak agar roda pemerintahan Subang bisa berjalan denganbaik,” ujarnya. (eko)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.