80 Prajurit Yonif Linud 305 Ujian SIM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 80 Prajurit Yonif Linud 305 Ujian SIM

80 Prajurit Yonif Linud 305 Ujian SIM

Written By Mang Raka on Selasa, 15 Januari 2013 | 14.00

KARAWANG,RAKA - Sebanyak 80 dari 114 prajurit Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 305 Tengkorak Telukjambe  mengikuti ujian teori dan praktek untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM) C yang dilaksanakan di lingkungan markas serdadu tersebut. Sedangkan sisanya cukup mengisi formulir yang sudah disediakan karena sifatnya memperpanjang SIM yang masa berlakunya sudah habis. Seluruh pemohon tidak dikenakan biaya  untuk pembuatan SIM tersebut 

Sebelum mengikuti ujian, Kapolres Karawang yang diwakili Kasatlantas AKP Muh.Rano menyerahkan 100 buah helm  berlabel yang diterima secara simbolis oleh Komandan Batalyon Infantri Linud 305 Letkol Inf.Elkines Vinlando DK di aula Sudirman. Selanjutnya, para  prajurit itu diminta untuk mendengarkan pengarahan dari Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalulintas Polres Karawang Iptu Iis Puspitasari tentang tertib berlalulintas serta tata cara menerima motor gadaian. Kemudian, prajurit tersebut juga mendapat kesempatan untuk menonton tayangan berbagai kecelakaan lalulintas yang terjadi dan mengakibatkan kematian serta kerugian materi.
Usai mendengarkan pengarahan, para prajurit kemudian diuji. Satu persatu prajurit diminta untuk menjawab pertanyaan yangh diajukan Kepala Unit Regident Samsat Karawang  Iptu Heri Nurcahyo. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar mendapat bonus yang diserahkan langsung Kasatlantas POlres Karawang AKP Muh. Rano H. Sedangkan mereka yang menjawab  tidak sempurna atau salah tetap mendapatkan bonus.Pemberian bonus tersebut membuat suasa semakin cair dan anggota yang sebelumnya segan dan malu-malu menjadi berlomba untuk maju ke depan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.   
Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiat mengungkapkan, pihaknya sengaja mendatangi markas prajurit itu  untuk mensosialisasikan UU No.22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan termasuk memberikan penyuluhan mengenai tata  tertib berlalu lintas serta  standardisasi penggunaan helm, penggunaan lampu pada sepeda motor di siang hari, penggunaan sabuk pengaman, rambu-rambu lalu lintas, dan beberapa hal lainnya."Ini merupakan bagian dari Road Safety Partnership Action (RSPA) upaya menciptakan kesadaran bersama tentang keamanan dan keselamatan berlalu lintas kali ini diselenggarakan di Yonif 305 yang menjadi partner Satlantas Polres Karawang untuk keselamatan berlalu lintas,"terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, Danyon Linud 305, Letkol Inf.Elkines mengatakan, kerjasama ini dilakukan berdasarkan perintah dari satuan atas. Sebab, prajurit TNI diwajibkan untuk mentaati Undang-undang Lalulintas dan harus menjadi contoh ketika sedang mengendarai kendaraan baik ro9da dua maupun roda empat di jalan raya. Sehingga prajurit 305 wajib menjadi motor penggerak tertib berlalu lintas. Jika melanggar dan tidak mencerminkan berlalu lintas dengan baik, prajurit TNI yang bersangkutan akan langsung ditindak tegas."Jadi sebenarnya ini salah satu penekanan dari atasan kami bahwa tentara contoh bagi masyarakat termasuk dalam berlalu lintas. Kalau ada yang melanggar pasti langsung di tindak," tegasnya.
Untuk menerapakan sanksi hukum, kata Elkines,  pihaknya tentunya akan  bekerjasama  Polres Karawang. Untuk sanksi, semua yang melanggar dihukum sesuai apa yang dilakukannya."Kalau prajurit TNI ada yang melanggar harus lebih berat sanksinya, kami telah kerjasama dengan Polres. Kalau melanggarnya lebih berat akan dilibatklan polisi militer dan harus di tindak tegas,"paparnya.
Diakuinya, dengan adanya sosialisasi ini, pelanggaran lalu lintas seperti tidak menggunakan helm lampu, spion, serta kelengkapan administrasi berkendaraan yang dilakukan oleh prajurit TNI khsusunya dapat diminimalisir."Diharapkan juga sosialisasi ini akan memperkecil angka kecelakaan dan korban jiwa,"ucapnya.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.