Kades Baru Bisa Pengaruhi Posyandu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Baru Bisa Pengaruhi Posyandu

Kades Baru Bisa Pengaruhi Posyandu

Written By Mang Raka on Rabu, 12 Desember 2012 | 14.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - seiring pergantian kepala desa pascapemilihan akan turut pula mempengaruhi status kader desa dan kader posyandu, karena setiap kali kepala desa diganti kerapkali pula kader yang di-SK-kan kepala desa berganti.
Sementara Puskesmas harus kembali dari nol memberikan sosialisasi tugas, fungsi dan kinerja para kader. Sedangkan dalam satu desa sendiri terdapat 4 hingga 5 unit Posyandu yang mana dalam satu Posyandu terdapat 5 orang kader posyandu, begitupun kader desa. Artinya, bisa memungkinkan puluhan kader akan diganti sesuai kemauan otoritas kepala desa yang baru.
Kasubag TU UPTD Puskesmas Cilamaya Sarifudin di sela-sela orientasi pengembangan kader Posyandu oleh pihak Promosi Kesehatan (Promkes) mengakui hal itu. Menurutnya, ganti kades identik dengan ganti kader, padahal kader baru biasanya akan alami kesulitan dalam membuatkan laporan dari hasil temuan-temuan penyakit di lapangan, sementara kader itu sendiri cukup banyak dalam satu desa. Selain kader Posyandu juga ada kader desa, kader BKB maupun BKL.
Menurutnya, Puskesmas harus kembali dari nol menyosialisasikan pada para kader jika berganti, padahal hal itu juga yang memicu minimnya kesadaran kesehatan masyarakat dan pihak puskesmas kembali harus membekali mereka tentang ilmu-ilmu kesehatan. Ia mengaku saat ini cukup terbantukan dan tak khawatir lantaran masih memiliki bidan desa, namun kelak justru bidan desa sendiri yang akan kelimpungan, karenanya jika dianggap produktif kiranya para kader agar bisa tetap dipertahankan meskipun pergantian atau tidak adalah hak desa lantaran dikhawatirkan tidak jalan. "Jika masih produktif pertahankan saja, saya khawatir tidak jalan lagi," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.