Debit Air Sungai Citarum Naik, Warga Siaga Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Debit Air Sungai Citarum Naik, Warga Siaga Banjir

Debit Air Sungai Citarum Naik, Warga Siaga Banjir

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Desember 2012 | 14.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Meski ketinggian volume air Sungai Citarum di wilayah hilir belum mencapai puncak tanggul yang ditingkatkan awal tahun ini, namun tidak dipungkiri membawa kekhawatiran bagi sejumlah warga di bantaran sungai yang membelas wilayah dua daerah Kabupaten Karawang dan Bekasi.
Kekhawatiran akan munculnya banjir seperti tahun-tahun sebelumnya, saat ini cenderung dirasakan warga di wilayah hilir utara Karawang. seperti diakui salah satu warga Desa Karyamulya, Nahar, ketika ditemui RAKA mengakui tetap menetapkan status siaga pada seluruh warga yang tinggal di sekitar sungai Citarum itu. "Setelah hujan dua hari ini, debit air naik sekitar 1 meter lebih, kami pun saat ini mulai bersiaga mengawasi peningkatan debit air," katanya.
Terpisah, Ncum (34) salah satu warga bantaran sungai di Kampung Cikangkung, Desa Rengasdengklok Utara menuturkan hal senada, bahkan status siaga itu sudah diberlakukan menyusul kenaikan debit air sungai yang diprediksi bakal bertambah dengan datangnya kiriman dari hulu sungai. Selain masih tingginya curah hujan yang turun di akhir tahun ini. "Sekarang saja belum ada air kiriman debit Citarum sudah naik hingga 1 meter di bawah puncak tanggul yang sudah ditinggiukan. Belum lagi ditambah curah hujan. Karenanya, siaga sedari sekarang kami berlakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan," kata Ncum was-was.
Warga lainnya, Rastim (30) menambahkan, sejumlah warga pun mulai diaktifkan untuk ikut mengontrol debit air Citarum setiap 1 jam sekali dan melaporkannya pada warga. Dengan begitu, perubahan volume air air akan terus diinformasikan melalui kentungan atau speaker rumah ibadah. "Tapi mudah-mudahan saja kekhawatiran kami tidak terjadi," sebut Rastim.
Diakuinya, sepanjang aliran Sungai Citarum dari wilayah Tanjungpura hingga Rengasdengklok memang mengalami kenaikan hingga tidak jauh dari puncak tanggul yang baru saja ditinggikan tahun ini. Meski demikian, posisi aliran air sungai masih jauh menyentuh puncak tanggul. "Bila air hujan terus mengguyur ditambah kiriman benar-benar datang, tidak menutup kemungkinan banjir pun dipastikan bisa terjadi," paparnya. (get)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.