Waspadai Kerusuhan Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Waspadai Kerusuhan Pilkades

Waspadai Kerusuhan Pilkades

Written By Mang Raka on Sabtu, 24 November 2012 | 12.00

-Panitia Dapat Bimbingan Teknis

CILAMAYA WETAN, RAKA - Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades), berbagai kegiatan dilakukan pihak terkait. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gesekan di tengah-tengah masyarakat.
Di Kecamatan Cilamaya Wetan, pemerintah kecamatan bersama pihak kepolisian dan pembina TNI, proaktif mengunjungi para kandidat calon kepala desa. menurut Sekretaris Camat Cilamaya Wetan Dida Rayendra, pihaknya tidak menghendaki terjadi keributan pada pelaksanaan maupun setelah penyelenggaraan pilkades. "Untuk itu pihak kecamatan bersama muspika melakukan road show silaturahmi kepada semua calon kepala desa. Kami juga mengagendakan gladiresik menjelang penyelenggaraan besok (Sabtu) sore di Lapangan Kecepet Mekarmaya," ujarnya, Jumat (23/11) sore.
Di Kecamatan Banyusari, masa tenang kampanye dilakukan penurunan baliho dan tanda gambar calon yang dilakukan oleh masing-masing tim sukses calon dan dilanjutkan pada  penandatanganan berita acara yang isinya pernyataan siap menyukseskan dan menjaga ketertiban serta keamanan, berikut bersedia siap mendukung siapapun yang menang. "Kegiatan tersebut dilakukan langsung di desa masing-masing," ucapnya Sekretaris Camat Banyusari Misbach.
Sementara itu, menjelang hari H penyelenggaraan pemilihan kepala desa, kartas suara mulai didistribusikan. Sementara guna mencegah kecurangan teknis kertas suara, panitia diberikan bimbingan teknis. Seperti yang dilakukan di Aula Kantor Desa Lemahabang, kemarin. Staf pelaksana Kecamatan Lemahabang H Jumanta mengatakan, kertas suara mulai didistribusikan kepada pihak panitia dengan aturan dan kriteria yang sudah ditentukan.
Di hadapan para saksi calon dan sejumlah panitia, berbagai teknis kertas suara baik pencegahan pemalsuan hingga kecurangan saat pelaksanaan dibeberkan. Jumanta mencontohkan kertas suara dalam kriteria pemda tercantum atas pinggir berwarna merah baik kanan maupun kiri, di mana warna merah kiri sebagai pengaman dan kanan sebagai penimbang. Sehingga diharapkan tercegah dari pemalsuan lantaran di fotocopy pun akan berbeda karena editingnya tidak akan sampai ke ujung kertas.
Ditambahkannya, untuk mengantisipasi kekurangan sesuai perbup, terdapat cadangan sebanyak 338 lembar. Ia juga mengharapkan segala teknis bisa dipahami lantaran diakuinya Lemahabang merupakan desa yang cukup kondusif. Karenanya segala teknis harus dimusyawarahkan. "Untuk mengantisipasi pemalsuan dan kecurangan kita perlu memberikan pemahaman saat penyerahan kartu suara dari tim monitoring kecamatan pada tiap panitia pilkades," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.