Pemkab Sesuaikan Tarif RSUD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Sesuaikan Tarif RSUD

Pemkab Sesuaikan Tarif RSUD

Written By Mang Raka on Jumat, 23 November 2012 | 14.00

SUBANG, RAKA - Rencana pemerintah Kabupaten Subang untuk menaikan tarif rumah sakit umum daerah, urung dilaksanakan. Yang terjadi adalah hanya menyesuaikan tarif dengan dibuat Perda baru yang mengacu peraturan perundangan yang ada.

Bahkan menurut Bupati Subang, Ojang Sohandi, sesuai dengan keinginan partai yang mengusung dirinya, PDI Perjuangan, pengobatan kepada masyarakat, bukan saja gratis namun juga tidak ada kelas di rumah sakit, hingga masyarakat tidak terbebani biaya. "Sebenarnya ini sudah jadi amanat dari partai Kita, PDI Perjuangan, supaya rumah sakit tidak berkelas, hanya kita juga melihat kemampuan pemerintah daerah, mudah-mudahan bisa dan akan dibicarakan dengan pihak DPRD, kalau kita mampu, jangan sampai ada kenaikan tarif,"tegas Ojang.
Namun, menurut Ojang, tidak ada pengobatan yang gratis, karena tetap menggunakan uang negara. "Belum bisa gratis, tapi menggunakan anggaran pemerintah. Tapi Kami akan berupaya supaya ada anggaran dari pemerintah,"tambah Ojang.
Menurut Ojang, perubahan sikap tersebut, dilakukan setelah dirinya memanggil para pegawai di Badan RSUD Ciereng. Saat itu, tambah Ojang, dirinya menanyakan kajiannya seperti apa, hingga ada kenaikan tarif? "Dan setelah dievaluasi kembali, Saya tekankan, kalau bisa ada penundaan tarif dan yang ada hanya penyesuaian saja, sebab peraturan daerah yang ada saat ini, masih mengacu kepada Perda tahun 2004, sementara kita harus menyesuaikan undang-undang yang baru,"tambah Ojang.
Namun, menurut Ojang, segalanya saat ini sudah diserahkan ke dewan perwakilan rakyat Kabupaten Subang, untuk dilakukan pembahasan. Namun,  Ojang sudah menekankan, agar tidak membebani masyarakat. "Sayatekankan ke Rumahsakit dan TAPD, supaya tidak ada kenaikan tarif,"tegas Ojang.
Keinginan Bupati Subang, Ojang Sohandi agar tidak dilakukan kenaikan tarif, agaknya bakal menemui kendala, sebab saat RAKA mewawancarai Kasubag Keuangan Badan RSUD Ciereng, Dede Lukita mengatakan, jika kenaikan tarif, seharusnya sudah dilakukan sejak tahun 2004 yang lalu. "Dan dengan adanya kenaikan tarif, saya rasa masyarakat tidak akan terbebani, karena berdasarkan hitungan saya, dari jumlah masyarakat di Kabupaten Subang yang sebanyak 1,5 juta, hanya 500 ribu saja yang tidak menggunakan jamkesda maupun SKTM," ujar Dede. (eko)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.