Pembangunan Kantor Desa Ratusan Juta Molor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Kantor Desa Ratusan Juta Molor

Pembangunan Kantor Desa Ratusan Juta Molor

Written By Mang Raka on Senin, 12 November 2012 | 14.00

-Aparat Desa Tamanmekar Mengeluh

PANGKALAN, RAKA - Pembangunan Kantor Desa Tamanmekar, Kecamatan Pangkalan, yang menelan anggaran Rp 469.244.000 menggunakan APBD Kabupaten Karawang molor. Padahal, proyek yang dikerjakan tanggal 29 September 2011, itu masa pelaksanaannya hanya 88 hari.

"Kata orang dari Dinas Ciptakarya, kantor desa ini belum bisa digunakan karena pengerjaannya belum selesai," ujar Sekretaris Desa Tamanmekar, Moh Ajum, kemarin.
Akibat tidak selesai tepat waktu, disebutkan Ajum, membuat tugas pokok pegawai desa terganggu. Padahal  tugas pokok pegawai yang ada di kantor desa  melaksanakan kewenangan pemerintah daerah di bidang pemberdayaan masyarakat desa. Selain itu, kantor desa mepunyai fungsi sebagai tempat perumusan kebijakan teknis pelaksanaan pemberdayaan dan pelayanan masyarakat desa. Pengendalian serta pembinaan pelaksanaan pembangunan desa dan pemeliharaannya, Pemberdayaan dan pembinaan masyarakat desa dalam rangka pelaksanaan penguatan ketahanan masyarakat desa. Pemberdayaan dan pembinaan ekonomi masyarakat desa, fasilitasi pemanfaatan sumber daya dan pemukiman desa serta pendayagunaan teknologi tepat guna di pedesaan. Dan Penyelenggaraan rumah tangga dan ketatausahaan. "Sementara ruangannya saja belum selesai juga, dan sampai saat masih menggunakan ruangan yang sempit. Jangankan masyarakat yang datang, kami sebagai pelayannya sendiri kalau bukan kewajiban merasa tidak betah," ungkapnya.
Ia melanjutkan, kedudukan kantor kepala desa sesungguhnya merupakan unsur penunjang pemerintah daerah di bidang pelayanan masyarakat desa,  mulai dari permasalahan yang bersangkutan dengan pemerintah hingga pengembangan perekonomian di desa itu sendiri. Hingga jika melihat kebutuhan tersebut, maka kantor desa tersebut harus memberikan kenyamanan bagi masyarakatnya, dan terutama bagi pegawainya yang bertugas sebagai pelayan bagi masyarakat. "Aparat desa dituntut untuk selalu ada jika ada masyarakat yang hendak membutuhkan pelayanan dari pemerintah. Alhasil, dari bulan ke bulan kami dengan staf lainnya selalu menunggu kapan kantor balai desa ini dapat digunakan. Karena hampir setiap yang datang ke sini selalu menanyakan kenapa kantor desa itu belum juga digunakan, sementara melayani masyarakat di tempat kecil dan darurat," ungkapnya.
Sementara itu, Kaur Pemerintahan Desa Tamanmekar, Saepul Kamal, mengatakan, seharusnya pembangunan kantor desa sudah selesai jika melihat tahun pengerjannya. "Iraha kantor teh rek bisa dipakena (kapan kantor bisa dipakainya), sebab pembangunan dilakukan sejak tahun 2011 dan saat ini sudah mau masuk lagi tahun 2013," ungkapnya.
Saepul menjelaskan tujuan dari adanya kantor desa sendiri diantaranya memfasilitasi penumbuhkembangan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengupayakan agar kegiatan pembangunan desa dan masyarakat pedesaan dilaksanakan oleh masyarakat desa. "Sedangakan balai desanya sendiri belum bisa digunakan," tuturnya. (ark)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.