KPUD Verifikasi Paktual 14 Parpol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPUD Verifikasi Paktual 14 Parpol

KPUD Verifikasi Paktual 14 Parpol

Written By Mang Raka on Selasa, 06 November 2012 | 14.00

SUBANG, RAKA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melakukan sosialisasi verifikasi faktual kepada 14 partai politik yang ada di Kabupaten Subang.

Menurut Katua KPUD Kabupaten Subang, Kaka Suminta, sosialisasi dilakukan kepada 14 partai politik yang akan dilakukan verifikasi paktual untuk menentukan lolos atau tidaknya pada pemilu 2014. "Kami akan melakukan verifikasi kelapangan mulai besok (hari ini selasa 6/11) sampai tanggal 8 november. besok itu ada lima partai yang akan kami kunjungi. 5 orang anggota KPUD akan disebar ke DPD atau DPC partai yang ada di Kabupaten Subang," ujar Kaka kepada RAKA seusai sosialisasi verifikasi Senin (5/11) di Kantor KPUD Subang.
Dan itu, tambah Kaka, akan dilakukan secara kontinu (terus menerus) sampai 14 parpol yang ada selesai diverifikasi, adapun 14 parvol yang akan diverifikasi paktual itu adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat (PD), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Nasional (PPN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kedaulatan Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional. "Itu adalah 14 parpol yang akan kami verifikasi," ujarnya.
Setelah selesai verifikasi partai, akan dilanjutkan ferivikasi anggota, dengan cara turun kelapangan dan mengambil sample yang tersebar di Kabupaten Subang. "Untuk sempel kita akan ambil 10 persen. dan verifikasi anggota selesai sampai tanggal 24 november, kemudian kita akan membuat berita acara kepada KPUD Provinsi dan Pusat, mana yang memenuhi syarat atau tidak," tambahnya.
Menurut Kaka, Adapun untuk partai yang tidak memenuhi syarat, sesuai dengan aturan yang ada pihaknya akan memberikan waktu sebanyak 7 hari untuk melakukan perbaikan. Saat disinggung mengenai kemungkinan apa yang menjadi kendala dalam verifikasi paktual, Kaka menyampaikan, aturan 30 persen perempuan bisajadi menjadi kendala bagi partai politik yang ada. "Ini disebabkan karena antusiasem perempuan yang ikut serta terjun berpolitikbpraktis masih minim," ujarnya.
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sony Kusdinar menyampaikan, sebagai partai politik yang baru pihaknya akan patuh dan taat terhadap aturan yang ada. "Kami siap mengikuti aturan, yang jelas partai NasDem sudah siap untuk menghadapi verifikasi paktual," jelasnya.
 Menurut Sony, verifikasi hendaknya dilakukan oleh KPUD sebaik mungkin dan jangan sampai ada kecuranagan atau pemanfaatan momen, karena itu akan mencederai demokrasi. "Kami harap verifikasi dilakukan secara benar, jangan ada bahasa kong - kalikong atau yang lainnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.