Kemenag Dongkrak SDM Pengelola Wakaf - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kemenag Dongkrak SDM Pengelola Wakaf

Kemenag Dongkrak SDM Pengelola Wakaf

Written By Mang Raka on Jumat, 30 November 2012 | 14.00

PURWAKARTA, RAKA - Harta wakaf harus diefektifkan pengelolaannya agar bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Zakat dan Wakaf Kementrian Agama (Kemenag) Purwakarta, Mamat Suhermat, saat memberikan materi pada acara Pelatihan Peningkatan Kualitas Kinerja para pengelola (Nazhir) Wakaf di aula Grand Situ Buleud, Kamis (29/11) kemarin.

Mamat menjelaskan, pemberdayaan wakaf produktif mesti dilakukan oleh semua Nazhir. Jangan sampai wakaf baik berupa tanah, barang, atau uang tidak sama sekali diberdayakan. Sehingga tidak memberikan kontribusi bagi masyarakat. Mamat menilai, banyak peluang yang bisa dilakukan oleh para Nazhir. Baik pemberdayaan wakaf dalam bidang ekonomi, pendidikan, atau sarana-sarana lain yang bisa digunakan untuk hal-hal yang positif. "Semua harta wakaf yang ada di Purwakarta, baik berupa tanah, barang atau uang mesti dimaksimalkan pengelolaannya agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Mamat.
Mamat mengaku, ia menyambut baik pelatihan untuk para nazhir yang dilaksanakan oleh Asosiasi Nazhir Wakaf Indonesia (ANWI) Purwakarta. Dan secara kelembagaan pihaknya siap membantu para nazhir yang hendak memberdayakan wakaf. Baik menyangkut wakaf sarana pendidikan, atau kegiatan ekonomi masyarakat. Kebiasaan sebagian para nazhir, ketika mendapatkan wakaf, cukup menerima kemudian didiamkan. Tidak dikelola menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
H. Ahmad Sobandi, Ketua ANWI Purwakarta, menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan menyusul masih banyaknya nazhir yang kerepotan mengurusi harta wakaf. Melalui pelatihan tersebut diharapkan para pengelola wakaf/nazhir memperoleh pengetahuan baru utamanya dalam hal teknis pengadministrasin harta wakaf. "Ini penting," ucap Ahmad. (nos)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.