Hutan Ranggawulung Dihijaukan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hutan Ranggawulung Dihijaukan

Hutan Ranggawulung Dihijaukan

Written By Mang Raka on Kamis, 29 November 2012 | 14.00

* Pemkab Subang Lakukan Penghijauan dengan 50.000 Bibit Pohon

SUBANG, RAKA - Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) bekerjasama dengan Pertamina melakukan kegiatan penanaman 1 milyar pohon. Kegiatan tersebut merupakan program yang telah dicanangkan pemerintah pusat.

Penanaman yang dilakukan di Hutan Kota itu (Hutan Ranggawulung) dihadiri oleh seluruh jajaran Muspida Kabupaten Subang, petinggi Pertamina EP, serta para tamu undangan. Menurut Bupati Kabupaten Subang H.Ojang Sohandi, penanaman itu sangat penting, karena dengan dilakukanya penghijauan bisa mencegah masalah-maslah sosial yang diakibatkan karena alam seperti banjir dan yang lainya, karenanya Ojang Sebagai Bupati Subang sebelum acara penanaman digelar meminta kepada Muspida Kabupaten Subang, Kapolres, Dandim, Danlanud dan yang lainya untuk datang tanpa diwakilkan.
"Alhamdulillah dengan hadirnya semua muspida Kabupaten Subang bisa menujukan kecintaan terhadap Subang, terhadap warga Subang, untuk bisa menjaga perkembangan alam terutama hutan kota ini, karena urusan menanam itu adalah Ibadah, karenanya jadikan ibadah ini sebagai penebus dosa jabatan Kita," ujar Ojang saat menyampaikan sambutan, kemarin.
Ojang berharap penanaman ini tidak lepas hanya sampai ditanam, tapi harus terus diperhatikan sehingga bisa berkembang secara baik. "Tanaman yang kali ini Kami tanam akan dijaga dan dipelihara oleh pramuka serta masyarakat setempat, mudah-mudahan ini bisa memberikan manfaat untuk Kita semua, oleh karenanya mari Kita tanam pepohonan yang sudah disiapkan dengan penuh kasih sayang," ucapnya.
Dalam kesempatan ini, tambah Ojang, dari semua pohon yang disiapkan 50.000 bibit pohon dan buah buahan, sementara untuk yang ditanam di hutan kota adalah bibit buah-buahan sebanyak 2.000 yang terdiri dari tanaman lokal yang sudah langka seperti ki tambleg, huni dan kenari.
Sementara dari semua jumlah bibit yang ada akan didistribusikan ke 30 Kecamatan yang ada di Kabupaten Subang hal ini dilakukan agar bisa melakukan penghijauan di Kecamatan masing-masing. "Itu alasan kenapa Camat se Kabupaten Subang Kami undang," tambahnya. Terakhir Ojang mengucapkan terimakasih kepada Pertamina, Dinas Kehutanan dan Perkebutan dan semua yang terlibat didalamnya, sehingga prosesi acara penanaman 1 pilyar pohon itu bisa direalisasikan dengan baik.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Kabupaten Subang, Samsudin, Lahan kritis di Kabupaten Subang mencapai 4.000 Ha itu dari 12.000 Ha. "Tapi maksud kritis disini bukan kritis seperti apa, tapi kritis dalam artian hanya kurang rapat saja tanamannya," ucap Samsudin.
Namun, saat ini Dishutbun sudah mulai merasa lega karena sudah banyak masyarakat yang mempunyai keinginan atau kemauan untuk menanam sendiri dengan benih dari Hutbun. "Ini salah satu tanda sudah mulainya ada kesadaran di masyarakat akan pentingnya penghijauan," ujarnya.
Menurut Samsudin, hutan di Kabupaten Subang saat ini berjumlah milik perhutani seluas 20.000 dan hutan rakyat 16.000, sementara yang paling banyak/luas adalah didaerah Cijambe. "Dari semua itu, jumlah pohon yang ada adalah sebanyak 5 Juta pohon dan ini dikelola oleh semua komponen yang ada, baik hutbun, PT.PN, Masyarakat dan yang lainya," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.