Hasil Pilkades di Dua Desa Digugat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hasil Pilkades di Dua Desa Digugat

Hasil Pilkades di Dua Desa Digugat

Written By Mang Raka on Selasa, 27 November 2012 | 14.00

- Kantor Desa Amansari Disegel Pendukung Calon

RENGASDENGKLOK, RAKA - Ratusan massa gabungan dari Warga pendukung calon Kepala Desa (Kades) Desa Dukuhkarya dan Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, mendatangi kantor kecamatan sembari meneriakan perolehan hasil pilkades Minggu (25/11) harus dibatalkan. Pasalnya, panitia pilkades di desa masing-masing diduga kuat berbuat curang, terutama pada proses perhitungan suara.
"Batalkan hasil pilkades, kami menuntut tim monitoring membatalkan hasil pilkades, karena terjadi kecurangan yang diduga terjadi selama proses perhitungan dilaksanakan. Intinya, pilkades harus diulang," teriak perwakilan warga Desa Dukuhkarya, Angga, sembari memperlihatkan bukti otentik dugaan kecurangan panitia melakukan penggelembungan suara.
Diantaranya, sebut dia, pada kartu suara pemilih diantaranya terdapat sejumlah kartu suara pemilih yang dinilai tidak sah dikarenakan merupakan hasil copian. Diperkuat dengan perolehan hasil perhitungan melalui papan tabulasi perhitungan suara, berbeda dengan perhitungan manual pada kartu suara yang berada di dalam kotak suara.
"Kita minta kotak suara yang hari ini ada di kecamatan, jangan dulu dikirim ke kabupaten. Itu merupakan barang bukti kecurangan panitia yang melakukan pengelembungan suara," tegas dia. 
Ditempat terpisah, Senin (26/11) kemarin, sejumlah warga pendukung calon Kades Amansari melakukan penyegelan kantor desa akibat kekecewaan mereka belum juga ditanggapi tim monitoring. Bahkan, tim monitoring terkesan menutupi kejanggalan dan temuan pelanggaran pilkades yang dituduhkan warga pada tim panitia pilkades.
Hanya saja, sebut warga Amansari, Gozali, aksi penyegelan kantor desa hanya melumpuhkan proses pelayanan, artinya warga tetap kondusif tanpa melakukan pengerusakan terhadap aset kantor desa. Karena tak puas dengan sikap tim monitoring, warga menuntut agar tim monitoring melakukan perhitungan ulang pada hasil penghitungan suara yang sudah dilaporkan secara tertulis oleh pihak kecamatan. "Kita akan segel kantor desa hingga dugaan kecurangan dan pelanggaran pilkades ditindaklanjuti," ungkapnya ketika ditemui RAKA usai melakukan penyegelan pintu kantor desa.
Sementara itu, Jay Pasha mengakui, sesuai hasil monitoring yang dilaporkan secara tertulis pada tim di kabupaten, perolehan hasil jumlah suara sesuai dengan berita acara yang dilakukan di depan para saksi. Sementara, Camat Rengasdengklok, Maman Supratman mengakui, selama penyegelan kantor desa hanya menghambat pada proses pelayanan pihak kecamatan tetap berkordinasi dengan pihak kepolisian. Dikhawatirkan, aksi gerakan moral pendukung calon kades pada panitia pilkades, justru berujung pada pengrusakan jika tidak segera diselesaikan segera. Diketahui, aksi gerakan moral yang berlangsung sejak Minggu malam hingga Senin pagi, dilakukan oleh pendukung calon kades yang kalah. Mereka tak dapat menerima hasil penghitungan suara pemilihan kepala desa yang berlangsung 25 November 2012 .
Pemilihan di dua desa se- Kecamatan Rengasdengklok yang menetapkan calon incumbent sebagai pemenang semula aman dan lancar. Selepas proses perhitungan rampung, situasi berubah menjadi aksi protes karena panitia pemilihan dinilai curang dan memenangkan calon incumbent. Tak puas dengan hasil penghitungan, para pendukung yang kalah ramai-ramai mendatangi kantor desa. Dalam suasana yang sangat emosional, entah siapa yang memulai tiba-tiba aksi penyegelan terhadap kantor desa terjadi. "Dampaknya, aksi mereka jadi tontonan warga setempat hingga sempat menyebabkan kemacetan dijalur utama menuju wilayah Rengasdengklok hingga sore hari," ungkapnya. (get)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.