Buruh PT Ceres Meiji Indotama Gagal Demo - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buruh PT Ceres Meiji Indotama Gagal Demo

Buruh PT Ceres Meiji Indotama Gagal Demo

Written By Unknown on Senin, 19 November 2012 | 15.54.00

KARAWANG, RAKA - Ancaman mogok kerja yang sudah didengungkan kalangan buruh PT Ceres Meiji Indotama mulai hari Senin (19/11) ini hingga Rabu (21/11) lusa, akhirnya dibatalkan. Hal itu menyusul disepakatinya tuntutan buruh oleh pihak manajemen perusahaan tempatnya bekerja.

"Setelah melalui proses perundingan panjang, maka Serikat Pekerja PT CMI (Ceres Meiji Indotama) dan Pimpinan Perusahaan telah mencapai kesepakatan pada Jum'at (16/11) pekan kemarin. Kesepakatan tersebut atas hasil perundingan di KIIC yang difasilitasi Kasi PPHI Disnakertrans Karawang, Nata Karnata, setelah sebelumnya, perundingan diawali tanggal 14 dan 15 Nopember. Melalui perjanjian bersama yang ditandatangani kedua belah pihak, dicapai kesepakatan atas tuntutan Serikat Pekerja PT. CMI," jelas Ketua SP CMI, Eman Sulaeman, dalam rilisnya yang dikirimkan ke RAKA, Minggu (18/11).
Poin kesepakatan itu, ungkap dia, oknum HRD PT CMI yang diketahui buruh telah menyebarkan foto pengurus SP perusahaan ini akan dikenai sanksi mutasi ke bagian lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan kepegawaian. Poin lainnya, 43 orang pekerja PKWT yang dinyatakan putus kontrak oleh perusahaan tanggal 21 Oktober 2012 bakal diselesaikan dengan menunggu rekomendasi dari Disnakertrans Karawang, sesuai pengaduan Federasi Serikat Pekerja Kerakyatan (FSPK) terhadap pengawas di dinas ini.
"Para pihak bersepakat untuk menyelesaikannya dalam pertemuan di Disnakertrans, Selasa (20/11) besok. Selain itu,  70 orang pekerja dengan status PKWT di perusahaan berdasarkan kesepakatan sebelumnya yang telah ditandatangani pada tanggal 14 Juni lalu di Gedung DPRD Karawang, dipastikan akan diangkat menjadi pekerja tetap di perusahaan paling lambat tanggal 31 Desember mendatang. Begitu pula PHK terhadap Ahmar (pengurus SP. CMI) dibatalkan dan siap dipekerjakan kembali mulai 26 Nopember. Sebagai bagian tak terpisahkan dari kesepakatan tersebut, kedua belah pihak berkomitmen kuat untuk melakukan peningkatan komunikasi dalam mencari solusi terbaik atas permasalahan yang mungkin timbul di kemudian hari," tandas Eman.
Dikatakannya pula, ia selaku ketua SP PT. CMI bersama Controller Manager CMI Hariagus Liatna bersepakat menjadikan penandatangan kesepakatan tersebut sebagai momentum tepat untuk membuktikan bahwa Serikat dan Perusahaan merupakan pihak yang paling berkepentingan dalam membangun kemajuan perusahaan demi terwujudnya masa depan yang lebih baik buat semua.
"FSPK, sebagai induk organisasi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjuangan seluruh anggota SP. CMI sejak awal hingga tercapainya kesepakatan. Dukungan dan solidaritas dari seluruh pihak, merupakan kekuatan dan bukti bahwa kebersamaan dan persatuan adalah faktor sangat penting dalam perjuangan. Dan secara resmi, FSPK menyatakan, seluruh petisi yang digalang kearah dukungan mogok dihentikan," timpal Sekretaris FSPK, Agus Japar Sidik. (vins)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template