Buruh Mogok, Produksi PT Asietex Sinar Indopratama Terhenti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Buruh Mogok, Produksi PT Asietex Sinar Indopratama Terhenti

Buruh Mogok, Produksi PT Asietex Sinar Indopratama Terhenti

Written By Mang Raka on Sabtu, 10 November 2012 | 14.00

CIKAMPEK, RAKA - Aktifitas produksi PT Asietex Sinar Indopratama lumpuh total akibat ratusan karyawan melakukan aksi mogok kerja. Mereka menuntut, agar hak-hak mereka sebagai karyawan dipenuhi perusahaan.
Koordinator aksi Asep Gugun menuturkan, memang dampak dari aksi mogok ini proses produksi menjadi terganggu. Terbukti, saat ini dari tiga gedung produksi, hanya satu yang masih bertahan, itupun tidak maksimal. "Masih ada karyawan yang produksi, tapi cuma sebagian. Soalnya, dari dari gedung 3 gedung A, B dan C, cuma gedung B saja yang masih beroperasi. Tadi juga ada karyawan yang masuk tapi keluar lagi," ucapnya kepada RAKA, Jum'at (9/11).
Asep mengatakan, untuk saat ini, aksi dilakukan dengan kondusif. Namun demikian, ia belum menjamin kedepan aksi akan berjalan kondusif, jika tuntutan buruh tidak direalisasi dan aksi tersebut akan dilaksanakan selama satu bulan, sampai tuntutan mereka dikabulkan. "Ya untuk mengganggu sih engga, tidak anarkis. Kita  mengajak saja agar tidak brutal. Kalau sekarang, kita tidak akan tutup jalan karena mengganggu lalulintas. Tapi, gak tahu beberapa hari kedepan mah, tapi kita tetap komitmen untuk terus bertahan," tuturnya.
Ketika ditanya RAKA mengenai kekhawatiran akan adanya sanksi yang diterima buruh yang mengikuti mogok kerja ini, Asep menegaskan tidak khawatir. Karena solidaritas dan komitmen buruh sudah terjalin dengan erat. "Jika dipecat kita sudah komitmen, kalau mau pecat, kita pecat saja semuanya," tegasnya.
Berdasarkan pantauan RAKA, orasi buruh sudah dimulai sejak pukul 7 pagi. Buruh terlihat tanpa lelah menyuarakan aspirasinya, meski orasi yang dilakukan tidak mendapatkan respon dari pihak manajemen PT Asietex Sinar Indopratama. Satu buah mobil pick up berisikan sound system, dijadikan panggung orasi oleh buruh, dengan bergantian buruh menyuarakan aspirasnya. Didepan PT Asietex Sinar Indopratama juga masih terlihat  beberapa tenda yang didirikan  untuk dijadikan berteduh dan menginap para buruh. Tuntutan buruh yakni Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Terbatas (PKWTT), pengangkatan semua karyawan kontrak menjadi kartawan tetap, pekerjakan 5 pengurus SP Asietex, uang makan dan uang transport, menolak PPH 21 dibebankan kepada karyawan, diberikan cuti haid kepada buruh perempuan, fasilitas air minum sesuai standar, tolak rerlokasi SN, tolak potongan BS. (vid)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. liburkan aja ...satu bulan...kek...2 bulan kek kaya management BATA sampai suasana kondusif

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.