Batas Wilayah Perbatasan Karawang-Purwakarta Bergeser - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Batas Wilayah Perbatasan Karawang-Purwakarta Bergeser

Batas Wilayah Perbatasan Karawang-Purwakarta Bergeser

Written By Mang Raka on Jumat, 30 November 2012 | 14.00

-Bisa Pengaruhi PAD, Sejak 2008 Belum Pernah Ada Verifikasi

CIKAMPEK, RAKA - Saat ini, banyak titik koordinat perbatasan wilayah Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Purwakarta banyak yang bergeser.
Ini terungkap saat perwakilan Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan pertemuan dengan perwakilan Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk membicarakan batas wilayah dua kabupaten bertetanggaan tersebut, kemarin, di Aula Kecamatan Cikampek.
Pertemuan yang diikuti para kepala desa, camat, kabag pertanahan, kabag pemerintahan, serta Bappeda, dari Pemkab Karawang maupun Pemkab Purwakarta. Kedua belah pihak membahas verifikasi perbatasan kedua wilayah yang dulu pernah satu kabupaten ini.
Kabag Pertanahan Setda Pemkab Karawang Asip Suhendar mengungkapkan, sejak 2008 lalu,
Kabupaten Karawang belum pernah melakukan verifikasi ulang batas wilayah, begitupun Kabupaten Purwakarta sejak 2009 belum pernah melakukan hal serupa. "Sejak 2008 Kabupaten Karawang belum diverifikasi kembali," ungkap Asip Suhendar di aula Kecamatan Cikampek, Kamis (29/11).
Dia mengungkapkan, ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam mengantisipasi terjadinya konflik perbatasan. Menurutnya, perbatasan wilayah ini sangat penting, karena memang untuk mencegah terjadinya konflik. "Memperjelas wilayah juga bisa menambah PAD (pendapatan anggaran daerah), memperjelas KTP dan sebagainya. Penetapan batas, jika tidak ditata dengan baik akan bermasalah," imbuhnya.
Asip menambahkan, setelah dilakukan pengecekan melalui salah satu media pelayanan internet, banyak ditemukan titik koordinat yang tidak sesuai. Karena itu, dari kedua kabupaten dibentuk tim kecil untuk kembali melakukan verifikasi titik koordinat. "Perlu tim kecil turun ke desa untuk menyamakan dengan titik koordinat, perlu menggeser patok atau mau bagaimana? Makanya besok dua hari turun ke lapangan untuk memastikan dengan alat, dengan GPS, titik koordinatnya kita samakan. Kalau patok batas sudah sesuai PBU (Patok Batu Utama) dengan PBA sudah ada. Kita hanya menyamakan titik koordinatnya antara Kabupaten Karawang dengan Kabupaten Purwakarta," sambungnya.
Menurutnya, sebelum didaftarkan sesuai Permendagri Nomor 1 tahun 2006 tentang Pedoman Penegasan Batas Daerah, perlu dilakukan verifikasi terlebih dulu. Sementara itu, perwakilan Bappeda, Dindin Rachamady menambahkan, pihaknya hanya membantu dalam pemetaan agar titik koordinat sinkron dengan data yang ada. "Memabantu di pemetaan supaya akurat. Tadi ada (data dari) konsultan, intinya agar menyamakan koordinat yang ada," pungkasnya. (vid)
 
VERIFIKASI WILAYAH PERBATASAN
-2008, Kabupaten Karawang melakukan verifikasi wilayah perbatasan
-2009, Kabupaten Purwakarta melakukan verifikasi wilayah perbatasan.
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.