Banjir Mengincar Subang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banjir Mengincar Subang

Banjir Mengincar Subang

Written By Mang Raka on Senin, 26 November 2012 | 14.00

* Drainase Buruk Penyebab Banjir di Pantura

SUBANG, RAKA - Buruknya sistem drainase (saluran pembuang air) dan adanya pendangkalan serta penyempitan saluran air dinilai sebagai penyebab utama seringnya terjadi banjir di beberapa wilayah Subang Pantura. Seperti banjir yang kerap menggenangi sejumlah titik di sepanjang ruas jalan raya Binong - Tambakdahan.

Berdasarkan Pantauan RAKA, di kiri dan kanan jalan hampir sepanjang ruas jalan raya tersebut sama sekali tidak dibangun drainase untuk membuang air hujan. Sehingga ketika datang musim hujan seringkali beberapa titik di jalan itu tergenang air dengan ketinggian mencapai 20 cm.
Tokoh masyarakat Kecamatan Tambakdahan, Hj. Ruhana (58) membenarkan ruas jalan raya di wilayahnya kerap digenangi air hujan dan berakibat mengganggu warga setempat maupun pengguna jalan. Bahkan, tambah Hj Ruhana, jika curah hujannya tinggi, air yang merendam jalan tidak jarang juga merendam puluhan rumah warga yang berada di sepanjang pinggiran jalan tersebut. “Kalau jalannya banjir, otomatis biasanya rumah warga pun ikut terendam. Air bisa sampai masuk ke dalam rumah, kadang ketinggiannya nyampe 20-30 centimeter. Soalnya di sepanjang jalan itu di kiri dan kanannya tidak ada saluran untuk membuang air hujan (drainase,red),” terangnya.
Menurut Hj. Ruhana, Selain buruknya drainase, adanya pendangkalan dan penyempitan saluran sungai yang terletak di belakang rumah warga juga kerap mengakibatkan adanya luapan air. "Hal ini memperparah kondisi lingkungan warga setempat jika datang musim hujan," ujarnya.
Oleh karenaya, Dia mendesak pemerintah atau instansi terkait segera merencanakan pembangunan drainase di kiri-kanan jalan raya tersebut dan melakukan normalisasi saluran sungai di belakang permukiman warga. “Kita harapkan pemerintah memperhatikan masukan-masukan dan keluhan dari warga setempat. Kami sudah bosan kebanjiran setiap kali musim hujan tiba,” keluhnya.
Hal senada diungkapkan oleh warga Binong, Ibrohim, setiap musim hujan datang, jalan yang biasa digunakan untuk berlalu lintas selalu tergenang air, akibatnya, para pengendara harus ekstra hati-hati karena badan jalan yang tergenangi ait itu tidak tahu kondisinya baik atau sudah rusak. "Kalau jalanya rusak, ini menjadi masalah karena dengn genagan aitu kemudian jalan tidak kelihatan, sehingga kerap kali terjadi kecelakaan akibat terperosok  atau terpeleset di jalan yang tidak kelihatan itu. Untuk hari ini masih belum kelihatan karena hujanya masih cukup jarang," ucapnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.