Tes Kejiwaan, Empat Balon Bupati Disodori 567 Soal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tes Kejiwaan, Empat Balon Bupati Disodori 567 Soal

Tes Kejiwaan, Empat Balon Bupati Disodori 567 Soal

Written By Mang Raka on Jumat, 12 Oktober 2012 | 15.00

PURWAKARTA, RAKA - Empat pasang bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada Purwakarta 15 Desember 2012 kembali menjalani tes pemeriksaan kesehatan di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Kamis (11/10) siang. Kali ini yang dites adalah kemampuan psikologis (kejiwaan) para balon. Tim dokter menyodorkan sedikitnya 567 soal tes psikologis bagi masing-masing balon.

Keempat pasang bakal calon datang hampir bersamaan ke RSUD Bayu Asih Purwakarta sekira pukul 10.00 WIB. Kecuali pasanga Dedi-Dadan datang paling akhir. Setibanya di rumah sakit plat merah tersebut, para balon yang akan diperiksa langsung dipersilahkan masuk ke ruangan yang telah disediakan. Duduk di bangku paling depan, pasangan Dedi Mulyadi-Dadan Koswara. Lalu, menyusul dibelakangnya masing-masing pasangan Dudung B Supardi-Yoghie Mochamad, Burhan Fuad-Onnie Sandie dan Yoyo Yaya-Encep Buhori.
Tak menunggu waktu, setelah semua peserta hadir tim dokter spesialis psikiatri yang telah ditunjuk pihak rumah sakit langsung memberikan arahan, dilanjutkan dengan penyerahan ratusan materi tes. Tak kurang ada sebanyak 567 soal tes yang diberikan kepada masing-masing balon. Meski demikian, soal tersebut tak berupa pertanyaan, melainkan pernyataan dengan pilihan jawaban Ya dan Tidak. "Ada 567 soal. Cuma bentuknya bukan pertanyaan tapi pernyataan," kata Ketua Tim Dokter Psikiatri RSUD Bayu Asih Purwakarta, dr Syafari Soma.
Menurut dr Syafari, tes yang digunakan masih menggunakan metode lama yang sudah baku digunakan dalam setiap pemeriksaan kejiwaan sejak tahun 1940. Metode tersebut ialah MMPI atau Minnesota Multifase Personality Inventory. Didalamnya rata-rata berupa pernyataan yang dikorelasikan dengan jawaban Ya dan Tidak. Melalui pendekatan tersebut, kualitas psikologis, respon dan kemampuan managerial seseorang bisa ketahui dan diukur. Termasuk soal kecenderungan apakah dia sebagai pengguna obat terlarang atau tidak. "Ya, bisa diketahui," ungkap dr Syafari seraya menyebut hasil tes bisa diketahui dalam waktu satu hingga dua hari.
Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Purwakarta, Asep Fakar SH, menerangkan, pemeriksaan kejiwaan merupakan tahap akhir pemeriksaan kesehatan bagi masing-masing balon. Sebelumnya, pemeriksaan kesehatan fisik terhadap mereka juga sudah lebih dulu dilakukan yakni pada tanggal 3,5,6 dan 8 Oktober 2012. Hasil tesnya akan diumumkan bersamaan beberapa hari sebelum masa penetapan calon. "Hasilnya nanti kita umumkan 26 Oktober 2012," tandas Asep. (nos)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.