Ratusan Buruh Datangi PT Asietek Sinar Indopratama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ratusan Buruh Datangi PT Asietek Sinar Indopratama

Ratusan Buruh Datangi PT Asietek Sinar Indopratama

Written By Mang Raka on Jumat, 19 Oktober 2012 | 15.00

- Tuntut Lima Orang Karyawan Dipekerjakan Kembali

CIKAMPEK, RAKA - Ratusan buruh dari FSPEk-KASBI menuntut lima karyawan PT Asietex Sinar Indopratama untuk dipekerjakan kembali. Pasalnya, kelima buruh tersebut tidak terbukti melakukan pencemaran nama baik terhadap HRD PT Asietek Sinar Indopratama sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Karawang.
Wakil koordinator aksi Anang Suwardi mengungkapkan, ini merupakan aksi solidaritas menuntut kepada pihak menajemen, untuk segera mempekerjakan kembali lima buruh yang merupakan pengurus KASBI. Hasil dari Pengadilan Negeri Karawang yang menyatakan bahwa lima orang tersebut bebas tanpa syarat. Tetapi, tiba-tiba pihak manajemen melakukan kasasi ke Mahkamah Agung. "Pengadilan Negeri Karawang menyatakan lima pengurus ini bebas tanpa bersyarat, tetapi kembali lagi rezim pengusaha sedang berkuasa, tiba-tiba mereka (manajemen) melakukan kasasi ke MA. Ini suatu bentuk pelanggaran, padahal upaya banding ke pengadilan tinggi pun belum dilakukan dan kenapa langsung mengajukan kasasi ke MA?" ucapnya kepada RAKA saat orasi di depan gerbang PT Asietex Sinar Indopratama, Kamis (18/10).
Ia mengancam, aksi akan terus berlanjut jika tuntutannya tidak dikabulkan. Ia menduga, ada upaya melakukan PHK kepada lima karyawan tersebut dengan tidak dibayarkannya gaji kelima karyawan tersebut selama 3 bulan. Adanya kasasi ke MA juga, salah satu bentuk menghilangkan kewajiban mereka.  "Ada untuk upaya adakan PHK. Jelas-jelas tidak mau membayar upahnya, kurang lebih 3 bulan dan upaya  melakukan kasasi. Tuntutan kami jelas, pekerjakan kembali lima pekerja tersebut," ujarnya.
Sementara itu, Kapolsek Cikampek Kompol Andry Kurniawan mengungkapokan, dalam aksi kemarin, pihaknya menerjunkan sekitar 200 personil, baik dari polsek maupun dari Polres Karawang dan dibantu Koramil Cikampek. Ia menegaskan, jika dalam aksi tersebut ada tindakan pindana, pihak kepolisian akan menindaknya dengan tegas. "Kalau adanya tindak pidana, tetap akan kita tindak tegas, karena itu tidak bisa ditolelir. Sebelumnya, kita melakukan himbauan, tinggal manajeman mau melakukan mediasi atau tidak. Terkait dengan tuntutan buruh, pihak kepolisian  memfasilitasi untuk melakukan mediasi antara buruh, dan perusahaan," tegasnya.
Dalam aksinya buruh menggunakan megaphone dalam menyuarakan tuntutannya, dan tak jarang buruh tersebut  mencoba mendobrak pintu gerbang dengan cara memukul-mukul gerbang. Hal tersebut bentuk kekecewaan karena tidak ada respon dari pihak manajemen. (vid)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. hati-hati ah ndobrak ndobrak pagar,,,ntar dikenai pasal pengrusakan properti loh ,,,hati-hati bung bung KASBI,,,,tolong yang ber-etika, militan silakan tapi jangan anarkis!!!

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.