Pendamping PKH Keluhkan Honor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pendamping PKH Keluhkan Honor

Pendamping PKH Keluhkan Honor

Written By Mang Raka on Kamis, 11 Oktober 2012 | 15.00

TELAGASARI, RAKA - Program Keluarga Harapan (PKH) di 16 kecamatan untuk tahap 3 telah cair, dana yang diperuntukkan bagi meringankan beban keluarga miskin tersebut pencairannya bervariasi sesuai status PKH yang disandang.
Sementara di tengah cairnya anggaran PKH dari Kementrian Sosial Rp 24 miliar pertahun di Kabupaten Karawang tersebut, sejumlah koordinator pendamping dan asosiasi pendamping operator mengeluhkan minimnya honor yang diberikan bagi mereka. Meskipun ada, namun anggarannya mencapai Rp 24 miliar dalam aturan hendaknya ada alokasi dana sharing sebesar Rp 10 persen pertahunnya yang harus disiapkan.
Namun, menurut Ketua Asosiasi Pendamping Operator PKH Kabupaten Karawang H Asep Juli Hamzah kepada RAKA, Rabu (10/10), dalam setahun hanya Rp 800 ribu honor bagi pendamping dan belum sebanding dengan pekerjaan memverifikasi dan memvalidasi data yang selama ini dilakukan bagi rumah tangga sasaran tiap tahunnya.
Menurutnya, jelang penambahan PKH tahun depan yang belum terbagi sisanya di 17 kecamatan Pemkab Karawang tampaknya belum melirik honor yang didapatkan oleh para pendamping di bawah kendali Dinas Sosial itu, sementara dalam PNPM maupun program lainnya setiap kali dana bantuan tergelontor ada aturan alokasi persentase dana sharing. Saat ini saja yang seharusnya sebulan Rp 100 ribu atau pertahun Rp 1,2 juta, terpangkas hingga pertahunnya hanya Rp 800 ribu. ”Hingga saat ini sejak tahun 2006 honor dari pemda belum dilirik untuk para pendamping PKH,” katanya.
Hal serupa juga dikatakan pendamping PKH Kecamatan Telagasari Ono Rustono, menurutnya jumlah pendamping se-Kabupaten Karawang dari 16 kecamatan yang mendapat jatah PKH hingga akhir tahun ini diakuinya honor dari pemkab belum cukup. Menurutnya, sebaiknya ada aturan yang jelas di mana ada persentase untuk tiap bantuan dana yang masuk ke kabupaten dengan besaran sekitar 10 persen. Idealnya honor pendamping sekitar Rp 500 ribu per bulannya berupa tunjangan untuk melonggarkan operasional 98 orang pendamping tersebut. Artinya sekitar Rp 24 miliar tergelontor dalam setahun dengan 4 tahap pada kecamatan yang terjatah PKH. Dana tersebut jika dikelola dan direalisasaikan dengan baik, alokasi 10 persen termasuk untuk honor para pendamping kiranya cukup. ”Idealnya Rp 500 ribu perbulan, kan ada aturannya di mana ada bantuan pusat masuk kabupaten tergeleontor persentasinya,” ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.