Panitia Pilkades Diminta Kerja Cepat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Panitia Pilkades Diminta Kerja Cepat

Panitia Pilkades Diminta Kerja Cepat

Written By Mang Raka on Selasa, 18 September 2012 | 15.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) diminta untuk segera menyerahkan laporan tata tertib pilkades yang merupakan penjabaran dari Perbup Nomor 94 tahun 2012, berikut laporan yang dilengkapi dengan SK BPD yang berfungsi sebagai payung hukum dalam teknis pelaksanaan.
Pasalnya, setelah hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dikukuhkan menjadi DPT sudah bisa diplot berapa anggaran untuk pilkades yang akan digelontorkan Pemerintah Kabupaten Karawang. Karenanya, tata tertib juga harus melampirkan dengan besaran anggaran yang sesuai kebutuhan dan segenap desa yang akan menyelenggarakan pilkades diminta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Karawang untuk bisa melaporkan hasil DPS untuk menentukan besaran anggaran yang dibutuhkan. Demikian dikemukakan Kasie Pemerintahan Cilamaya Wetan Wardi di sela-sela penataran panitia pilkades di Aula Kantor Kecamatan Cilamaya Wetan, Senin (17/9).
Lebih lanjut Wardi menambahkan, besaran alokasi anggaran pilkades harus sesuai kebutuhan, bagi desa yang rata-rata penduduknya memiliki hak pilih 4 ribu jiwa, dana yang akan diterima sebesar Rp 20 hingga Rp 25 jutaan, itu pun alokasi besarannya harus dengan proposal yang dikuatkan dengan peraturan desa (perdes) yang isinya tentang bantuan pemda untuk pilkades. Sementara anggaran tersebut dicairkan melalui kepala desa dan bendahara desa untuk kemudian diserahkan kepada bendahara dan panitia pilkades.
Untuk itu, saat ini tahapan pilkades yang sudah masuki sesi pendaftaran bakal calon kades perlu adanya spesifikasi penjaringan dan penyaringan bakal calon. Artinya, dalam proses penjaringan balon harus dipenuhi persyaratan yang ada untuk layak dianggap calon, sementara penyaringan adalah hasil tes tertulis dari para balon. Oleh karenya, untuk kelancaran tahapan pilkades pihaknya merasa perlu ada pembahasan perihal anggaran maupun teknis-teknis yang akan ditemukan di lapangan serta meminta laporan tata tertib segera diselesaikan dan dilaporkan. ”Kami minta panitia yang telah maupun belum merampungkan tata tertib yang dibuat panitia yang acuannya dari perbup segera dilaporkan untuk kami kirimkan ke BPMPD,” ujarnya.
Sekretaris Camat Cilamaya Wetan Dida Rayendra SH mengungkapkan perlunya konsep menekan human error yang mungkin akan ditemukan dalam penyelenggaraan pilkades, ia harapkan permasalahan penyensusan harus dibuatkan konsep untuk memudahkan spesifikasi antara pemilih yang bearada di luar negeri, luar kota, maupun menetap. Sehingga dalam memberikan undangan bisa tercover di mana undangan bagi pemilih di luar negeri harap ditahan terlebih dulu oleh panitia, serta tidak membagikan undangan saat malam hari. Karenanya teknis konsep yang harus dilakukan panitia diupayakan harus menekan penyelewengan maupun human eror dan pihaknya akan terus melakukan road show memaparkan konsep spesifikasi pemilih kepada desa-desa berikut panitia pembantu.
Ditambahkan Camat Cilamaya Wetan Drs H Hamdani, tolak ukur keberhasilan pilkades adalah panitia dan biaya untuk alokasi kebutuhan berbagai macam, karenanya ia meminta pantia tertib aturan dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan musyawarah. Ia tak menginginkan penyelenggaraan pilkades usai, namun berbuntut panjang. ”Saya harapkan pilkades aman dan tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan adalah panitia dan biaya,” ujarnya.
Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Pemerintahan Desa BPMPD Karawang Ridwan Salam mengatakan, panitia pilkades setelah dibentuk seharusnya segera ditetapkan. Pihaknya juga menunggu laporan tata tertib pilkades yang dibuat panitia berikut proposal bantuan pemda dan rancangan anggaran, namun tidak ada ketentuan kapan paling lambat berkas tersebut harus sampai di mejanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.