Outsourcing Seperti Kerja Rodi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Outsourcing Seperti Kerja Rodi

Outsourcing Seperti Kerja Rodi

Written By Mang Raka on Rabu, 05 September 2012 | 15.18

CIKAMPEK, RAKA - Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, sistem outsourcing sama seperti kerja rodi atau kerja tanam paksa saat zaman kolonial. Sistem outsourcing yang ada saat ini, sangat memberatkan buruh. Oleh karena itu, Outsourcing harus dihapuskan.
Menurut anggota DPR RI yang akrab disapa Oneng ini, outsourcing adalah kesalahpahamanan yang sistematis yang sengaja dibuat seperti itu. Outsourcing mirip perbudakan pada zaman moderen. "Seperti zaman kolonial, petani  suruh tanam tebu dimana-mana, itu kan seperti perbudakan. Tentu tidak boleh ada label suplayer, karena itu yang di outsourcenya orang bukan pekerjaan, itu seperti perbudakan modern," katanya saat menemuni masyarakat Cikampek kemarin.
Jika pekerjaan pada zaman bebas sekarang itu ada, lanjut ia, tapi tidak untuk tenaga kerjanya. Ia juga menegaskan, tolak outsourcing dan hapus upah murah. "Saya dengar akan ada mogok nasional pada September ini, sekitar 2 juta buruh dari berbagai serikat, karena persoalan upah dan kontrak yang tidak ditanggapi serius," ujarnya.
Sementara itu, menurut ketua serikat pekerja TP Plasindo Lestari, Anang Suwardi melalui pesan singkatnya mengungkapkan, sistem outsourcing saat ini merupakan suatu  penjajahan gaya baru. Maka menurutnya, sudah seharusnya dihapuskan. "Hanya kedok pemerintah untuk menambah penderitaan rakyat pekerja," ungkapnya.
Ia juga mengkritisi bagaimana rakyat ingin sejahtera, dalam konteks ini adalah buruh, jika masih diberi upah rendah. "Banyak perusahaan yang telah melanggar, tapi mereka (disnakertrans, red) tidak bisa berbuat apa-apa, hanya sebatas emngawasi dan memberikan anjuran tanpa adanya tindakan tegas. Apakah pemerintah dan disnakertrans pantas di bilang wooww?, kapan bisa terciptanya hubungan industrial  yang harmonis, dinanis, produktif dan berkeadilan, kalau disnakernya sendiri lemah dan mandul," ungkapnya. (vid)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. butuh tp ngeluh....
    ah.. indonesia

    BalasHapus
  2. tolong mbak Rieke perjuangkan nasib buruh outsourcing ini yang merupakan aset negara dan penyumbang pajak yang baik, karena yang ngemplang pajak pasti pengusaha bukan karyawan, yang korupsi bukan karyawan tapi pejabat, yang mengeluh BBM naik itu orang kaya bukan orang kecil.
    Jangan sampai terjadi people power untuk revolusi buruh. SALAM MERDEKA

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.