Gawat, Ikan Buas Amazon Berkeliaran di Jatiluhur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Gawat, Ikan Buas Amazon Berkeliaran di Jatiluhur

Gawat, Ikan Buas Amazon Berkeliaran di Jatiluhur

Written By Mang Raka on Sabtu, 22 September 2012 | 15.00

TEGALWARU, RAKA - Terkait temuan ikan berkepala buaya yang membuat geger warga Desa Galumpit, Kecamatan Tegalwaru, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta, Heri Herawan, meyebutkan jenis ikan tersebut ialah "Aligator Fish" atau dalam bahasa latinnya 'Lepisus Peus'. Pihaknya menerima laporan penemuan ikan langka ini satu minggu lalu.

"Kini ikan yang diserahkan warga itu sudah mati, bangkainya diawetkan. Ikan yang kepalanya menyerupai buaya ini, aslinya dari sungai Amazon di Amerika Selatan,” kata Heri saat dihubungi via seluler, Jumat (21/9) kemarin.
Namun menurutnya, ikan jenis predator ini sudah lama diburu para petani ikan, karena seringkali memangsa ikan-ikan di kolam terapung sekitar waduk Jatiluhur. "Ditemukannya ikan tersebut para pemilik kolam sebenarnya resah. Alasanya sering terjadi kasus ikan hilang. Diduga dimangsa ikan tersebut, itu terbukti jaring ikan di kolam banyak yang robek. Sebetulnya ikan ini jadi hama bagi pemilik kolam, menyusul aligator merupakan jenis ikan pemakan buas (omnivora),” jelasnya.
Adanya penemuan dan keluhan tersebut, pihaknya telah menerjunkan tim ke lapangan. Pasalnya, ada laporan bahwa ikan itu sering terlihat di sekitaran kolam jaring apung. Diduga, ikan tersebut sengaja dipelihara salah satu pemilik kolam jaring apung.
Aligator merupakan ikan yang hidupnya berkoloni. Dengan kata lain, setiap mencari mangsa ikan ini selalu berkelompok. "Berarti di kolam waduk Jatiluhur ada banyak ikan jenis ini," jelasnya.
Karena dianggap hama, sekarang banyak yang memburu ikan ini. Begitu pula dengan petugas, akan melakukan penyelidikan terkait siapa yang memelihara ikan tersebut. Pasalnya, jika tak ada yang memelihara, tidak mungkin ikan tersebut ada di perairan waduk Jatiluhur. “Apalagi merujuk pada UU 31/2004 tentang Perikanan, "Aligator Fish" ini merupakan salah satu ikan yang dilarang masuk ke Indonesia,” tegasnya.
Sementara itu, sumber warga di sekitar waduk Jatiluhur menyebutkan pernah menemukan Aligator Fish sebesar perahu tertangkap mata telanjang di sekitar danau Jatiluhur. Sontak saja itu menjadi ke khawatiran warga setempat yang mayoritas adalah petani ikan. "Saya beberapa waktu ke belakang sering mendapat kabar Japung (jaring apung) petani ikan sering jebol. Kami menduga ini ulah ikan aligator yang dijumpai beberapa waktu lalu nampak di permukaan," kata Dede warga Kampung Servis, Jatiluhur.
Menurutnya, ikan jenis "Aligator Fish" memang pernah ada yang melihara bahkan dibuat penangkarannya, dengan sistem jaring apung. Diantara beberapa ikan berkepala buaya yang dipelihara ada yang paling besar, beratnya mencapai 2,5 kuintal diduga merupakan induknya. Namun si induk yang menurut kabar sebesar perahu pun lepas sekitar hampir lebih dari setengah tahun lalu. sehingga tak heran ikan berkeliaran di danau Jatiluhur. "Pasca lepasnya induk beberapa kemudian nelayan dan penjaring ikan sering melihat dan sebagian mengaku pernah menangkap ikan berkepala buaya, mungkin si induk mulai beranak pinak, menurut kabar sih, pemiliknya orang Jakarta," jelasnya.
Akibatnya sejumlah petani Japung dan warga pun ketakutan dengan hal itu. Karena bisa saja selain mengakibatkan jebolnya beberapa Japung warga pun takut turun ke air. Ikan buas dengan ukuran besar bisa memakan apapun selain ikan. (din)
Berbagi Artikel :

13 komentar:

  1. Mengerikan juga ya bila memang benar ada keberadaannya...

    BalasHapus
  2. Katanya yg ketangkep baru 1... masih ada lagi sisanya....
    bnr gk sih...??
    klo gt harus ttp waspada dong...

    BalasHapus
  3. wah bahaya tuh..pemerintah setempat hrs cpt tanggap akan kejadian ini,karna kalau terlalu lama di biarkan di takutkan,bisa2 manusia yg di mangsa kalau cm ikan seh gpp..gmn kalau memangsa manusia..itu yg mesti di perhatikan.

    BalasHapus
  4. dilarang masuk ??
    gw punya banyak .. wkakaakaka

    BalasHapus
  5. Banyak di Aquarium tuh........

    BalasHapus
  6. ntar gw bikin ikan bakar aligator fish dah.....bwt di komersilin.....

    BalasHapus
  7. Sengaja ditanam bos ikan (China Jakarta), disalah satu kolam terapung dari sekian ratus kolam jaring yg dimilikinya. Sayang beberapa waktu lalu kolam khusus piaraanya ini jebol.

    BalasHapus
  8. Di makan beracun bro, bisa bkim kejang2,

    BalasHapus
  9. wah mantep, bagus buat peliharaan d rumah... :D

    BalasHapus
  10. Sekarang jadi ngeri mau ke Jatiluhur ge..

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.