FK BPD: BPD Baru Harus Segera Dilantik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » FK BPD: BPD Baru Harus Segera Dilantik

FK BPD: BPD Baru Harus Segera Dilantik

Written By Mang Raka on Kamis, 27 September 2012 | 15.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Dewan penasehat Forum Komunikasi (FK) BPD Karawang, M. Tamjid A.B, meminta Bupati Karawang untuk segera melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2012-2018 yang telah dibentuk beberapa waktu yang lalu. Meskipun, saat ini tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) telah dilaksanakan.
"Pemda Karawang akan melewati pilkades sudah bisa melibatkan untuk pengawasan yang sah, setelah anggota BPD periode 2012-2018 resmi dilantik pada sertijab nanti," jelasnya.
Menurutnya, pemkab tidak perlu khawatir, pelantikan BPD tersebut akan menganggu pelaksanaan pilkades. Untuk mensiasatinya, komunikasi BPD lama dengan  BPD baru serta pemerintah desa, harus dilakukan secara intensif. "Pemkab tidak perlu khawatir melaksanakan serah terima anggota dan kepengurusan BPD hasil periodesasi tahun ini. Kita juga sudah pastikan agar serah terima tugas dan jabatan pada BPD terbaru singkron," terangnya.
Bila dibutuhkan, sambung dia, sertijab dilaksanakan di satu lokasi terbuka secara serentak, yang melibatkan sekitar 2000 anggota BPD se- Kabupaten Karawang. Idealnya, sertijab secara simbolis ini dilaksanakan menggunakan lapangan Karangpawitan melibatkan semua unsur yang berkepentingan. "Menurut kami, sah-sah saja sertijab dengan transparansi menjadi perhatian anggota BPD periode 2012-2018, supaya bisa dilaksanakan serentak seperti pilkades. Apalagi, pergantian BPD juga dilengkapi pernyataan janji dan sumpah jabatan secara lisan," terangnya lagi.  
Sebelumnya, Camat Rengasdengklok, Maman Supratman, menekankan agar masing-masing pemerintah desa yang menghadapi penyelenggaraan Pilkades dipersiapkan dengan matang dan sesuai  tahapan. Diantaranya, membentuk panitia pilkades melibatkan Musyawarah mufakat yang disepakati oleh lembaga BPD. "Hingga menjelang paripurna anggaran perubahan tahun ini, ke lima desa yang akan melaksanakan Pilkades sudah membentuk kepanitiaan," ungkap Camat selagi memantau  panitia pilkades yang sudah terbentuk di Rengasdengklok beberapa waktu lalu.
Antara lain, sebut dia, memiliki tanggungjawab untuk menyusun kebutuhan anggaran pelaksanaan pilkades yang akan digelar serentak 25 November 2012 mendatang. Tentunya, sambung dia, termasuk jumlah pasti suara pemilih tetap dan disahkan oleh BPD terpilih periode 2012-2018. Dan Itu, mengingat masa kerja bakti jabatan BPD telah berakhir 4 Oktober 2012 nanti. (get)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.