Ada 5 Lokasi Calon Bandara di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ada 5 Lokasi Calon Bandara di Karawang

Ada 5 Lokasi Calon Bandara di Karawang

Written By Mang Raka on Rabu, 05 September 2012 | 15.07

-Belum Tentu di Ciampel

Kementerian Perhubungan menyatakan akan terus mengkaji rencana pembangunan bandar udara baru di Kabupaten Karawang. Setidaknya, ada 5 lokasi yang menjadi calon bandara baru.
Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengakui, pihaknya memang belum melakukan koordinasi terkait rencana tersebut dengan kementerian lain karena pembangunan bandara ini baru pengkajian. "Kita masih tinjau lokasi, nanti kalau sudah matang itu akan dibicarakan interdate," ungkap Bambang saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (4/9).
Dia mengatakan, ada 5 lokasi yang akan menjadi kandidat wilayah bandara baru ini. Bambang yakin, pembangunan bandara ini akan sesuai dengan kaidah lingkungan dan tata ruang pemerintah daerah. Menurutnya, bandara yang akan dibangun ini akan mengusung tema Eco Airport. "Bandara yang kita bangun adalah Eco Airport, yang bercirikan lingkungan. Jadi kita nggak mungkin melanggar kaidah-kaidah lingkungan hidup, itu nggak mungkinlah," tegas Bambang.
Namun begitu, dia tak menjelaskan 5 lokasi yang sudah diincar pihaknya tersebut. "Kita akan lihat tinjau lokasi dan memilihnya yang paling sesuai dengan tata ruangnya yang paling sesuai dengan lingkungan. Iya kita di Karawang. Kita lihat lokasinya kan di situ ada 5 daerah, calon lokasinya nggak cuma satu," tandas dia.
Ditambahkan, rencana proyek ini sudah dibicarakan dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian karena telah dimasukkan dalam Metropolitan Priority Area. "Pasti sudah ada pembicaraan, mereka juga tahu karena ini bagian dari Metropolitan Priority Area (MPA)," sambungnya.
Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengakui belum ada pembicaraan khusus terkait rencana pembangunan bandara di Karawang. Hatta mengatakan, pihaknya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum berbicara mengenai pembangunan bandara yang direncanakan oleh PT Angkasa Pura II ini. "Saya tahu ada kontroversial tentang bandara, tapi Menhub dan saya belum sampai pembahasan itu, tentu akan dibahas bagaimana tata ruangnya, bagaimana teknisnya," ungkapnya, Selasa (4/9).
Hatta menjelaskan, saat ini tata ruang untuk pembangunan bandara itupun belum tersedia karena terbentur dengan rencana Pemerintah Daerah Jawa Barat untuk membangun sebuah pelabuhan di utara Bandung. "Sekarang tata ruang belum ada karena Pemda Jabar telah menetapkan pelabuhan di Kertajati, pelabuhan atau bandara internasional yang berbasis kepada logistik. 60 km di luar Bandung," jelas Hatta. "Jadi ini memerlukan penyesuaian antara feasibility study dengan kondisi riil yang ada yang dikaitkan tata ruang," imbuhnya.
Lebih lanjut Hatta mengatakan, Bandara Soekarno Hatta saat ini berencana memperluas areanya dengan menambah landasan dan terminal. Menurut Hatta itu bisa menampung kapasitas hingga 100 juta penumpang, sedangkan saat ini jumlah penumpang di Bandara Soetta sendiri baru mencapai 60 juta orang. "BUMN kita AP (Angkasa Pura) baru memikirkan perluasan Bandara Soekarno Hatta, baik terminal maupun penambahan runway ketiga shg mengakomodir hingga 100 juta penumpang, sekarang 60 juta," tegasnya.
Padahal sebelumnya, Kementerian Perhubungan optimisi bandara baru di Karawang ditargetkan dibangun tahun 2015. Bandara tersebut, dilengkapi oleh infrastruktur pendukung modern. Rencananya bandara internasional ini berkonsep eco-green dilengkapi fasilitas seperti jalan tol dan kereta bandara. "Ada toll road juga sama kereta bandara dari Karawang ke Jakarta," ungkap Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti.
Ia menjelaskan, bandara yang akan mendukung operasional Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang ini akan berkonsep eco-airport. Selain itu, Herry menjelaskan jika ada beberapa investor dari dalam dan luar negeri yang mulai tertarik untuk ikut serta dalam pembangunan bandara Karawang tersebut. (rk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.