Pengangkatan Honorer K1 September 2012, Seleksi K2 Maret 2013 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengangkatan Honorer K1 September 2012, Seleksi K2 Maret 2013

Pengangkatan Honorer K1 September 2012, Seleksi K2 Maret 2013

Written By Mang Raka on Jumat, 31 Agustus 2012 | 16.02

KARAWANG, RAKA - Walau belum ada sinyal positif dari pemerintah pusat untuk memberikan peluang bagi pemerintah daerah membuka pendaftaran CPNS formasi umum mulai tahun 2013, namun Pemkab Karawang tetap berharap kesempatan itu tersedia, terutama buat pemenuhan tenaga guru dan kesehatan yang masih kekurangan.
"Kita sebenarnya sudah mengajukan kebutuhan pegawai baru melalui rekrutmen CPNS dari formasi umum. Sebab moratorium yang menjadi kebijakan pemerintah pusat sudah akan berakhir akhir Desember 2012. Kita memang punya tenaga honorer kategori II yang selama ini mengabdi tanpa dibiayai APBD maupun APBN. Namun pengangkatan mereka menjadi CPNS diseleksi melalui testing. Bukan mustahil yang lulus hanya sebagian kecilnya. Kalau betul begitu, berarti jumlah pegawai yang kita butuhkan belum dapat terpenuhi, terutama guru dan petugas kesehatan," ujar Kepala Bidang Pengadaan dan Data Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karawang Deddy Supriyadi, Kamis (30/8).
Apabila kebutuhan penambahan pegawai yang telah diusulkan itu disetujui pemerintah pusat dengan membuka rekrutmen CPNS formasi umum, kata Deddy, persyaratan bagi guru minimal berijazah sarjana strata 1 lulusan dari fakultas yang sesuai bidang studi yang dibutuhkan, seperti pendidikan agama dan bahasa asing (Inggris) maupun bahasa Indonesia. Minimal berpengalaman atau sudah mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta paling sedikit 5 tahun berturut-turut tanpa putus hingga pendaftaran CPNS formasi umum dibuka sesuai diatur Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2002.
"Itu (rekrutmen CPNS formasi umum) yang kita harapkan. Sebenarnya sejak berakhirnya moratorium akhir tahun ini ada peluang. Makanya kita sudah lebih awal mengajukan jumlah kebutuhan pegawai. Sedangkan mengenai usulan pengangkatan dokter PTT (pegawai tidak tetap) dan dokter spesialis menjadi CPNS, hingga kini masih dalam kajian BKN (Badan Kepegawaian Nasional), terutama kriteria dokter yang dibutuhkan buat ditempatkan di daerah terpencil berdasarkan ketentuan yang diatur PP nomor 56 tahun 2012 tentang perubahan PP 48 tahun 2005 yang mengatur pengangkatan tenaga honorer," jelas Deddy.
"Jumlah dokter PTT dan dokter spesialis yang kita ajukan buat diangkat menjadi PNS sebanyak 51 orang. Terbagi atas 45 orang dokter PTT, ditambah 6 orang dokter spesialis. Mereka tidak ditentukan masa kerja. Kebetulan peluang untuk itu sedang ada. Hanya keputusan terhadap peluang ini ditentukan pusat. Mudah-mudahan hasil kajiannya sangat positif bagi Karawang. Saya kebetulan baru saja menghadap ke kantor BKN di Jakarta, Rabu (29/8). Informasi yang saya dapat, belum ada perkembangan berarti," ungkap Deddy. 
Kata dia pula, untuk pengangkatan menjadi CPNS dari tenaga honorer kategori I (K1), kembali muncul kabar yang diperkirakan sudah bisa dilaksanakan bulan September atau Oktober 2012. Sedangkan evaluasi ulang atas berkas tenaga honorer kategori II (K2) yang telah masuk BKN, direncanakan juga sekitar September. Karena pada saat itu, kutip Deddy, BKN akan menyampaikan kembali seluruh berkas hasil verifikasi ke setiap kabupaten/kota untuk dipublikasikan di masing-masing daerah selama 21 hari.
"Kalau selama itu tidak masalah, kita kirim kembali data itu ke BKN buat dijadikan persyaratan testing. Jika ada masalah, seperti laporan masyarakat selama diumumkan kemudian dicek ulang terbukti ada data yang dilampirkan K2 bermasalah, jelas data yang bersangkutan dinyatakan gagal dan tidak dapat diusulkan lagi. Dengan demikian berarti batal buat mengikuti testing seleksi CPNS. Testingnya sendiri berlangsung 2 tahap. Yakni, testing kompetensi dasar dan testing kompetensi bidang. Adapun jumlah honorer K2 atas hasil verifikasi sebanyak 2.795 orang. Sedangkan tenaga honorer K1 hanya 108 orang. Pelaksanaan testing K2 diperkirakan sekitar bulan Maret 2013," pungkas Deddy. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.