Karawang Usulkan 45 Dokter Diangkat CPNS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karawang Usulkan 45 Dokter Diangkat CPNS

Karawang Usulkan 45 Dokter Diangkat CPNS

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Agustus 2012 | 13.41


KARAWANG, RAKA - Di tengah penantian pengangkatan CPNS bagi tenaga honorer kategori I (K1) yamg belum ada kabar jelas hingga kini, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karawang sudah melayangkan surat permohonan bagi rekrutmen CPNS formasi khusus untuk tenaga dokter yang diusulkan diangkat dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) di sejumlah puskesmas maupun RSUD.
Menurut Kabid Pengadaan Data dan Pegawai BKD Karawang Deddy Supriyadi, bahwa peluang ini terbuka setelah terbit Peraturan Pemerintah (PP) nomor 56 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua PP nomor 48 tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi PNS. Kata dia, aturan ini telah membuka kesempatan bagi setiap daerah di Indonesia agar dokter PTT dapat diajukan untuk diangkat menjadi CPNS tanpa mempertimbangkan masa kerja.
"Makanya ini peluang yang harus kita tangkap dengan baik. Insya Allah, kabar pengangkatan dokter PTT menjadi CPNS mulai tahun anggaran 2013 sampai 2014. PP 56/2012 tersebut pada pasal 5 ayat 1 mennyebutkan, 'dokter yang telah selesai atau melaksanakan tugas sebagai PTT atau honorer pada fasilitas kesehatan milik pemerintah dapat diangkat menjadi CPNS setelah melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi'. Untuk merealisasikan ketentuan ini, saya sudah menyiapkan 40 orang dokter PTT umum, 5 orang dokter gigi," jelas Deddy.
Kutip dia lebih lanjut, bahwa pasal 2 yang termaktub pada PP 56/2012 mengamanatkan pengangkatan seperti tertuang dalam pasal 1 tidak dilakukan tanpa memperhatikan masa bhakti sebagai PTT. Usia paling tinggi 46 tahun, bersedia bekerja pada fasilitas kelengkapan kesehatan di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan, atau tempat yang tidak diminati paling singkat 5 tahun.
"Ayat tiganya menyebutkan, fasilitas pelayanan kesehatan di tempat-tempat tersebut ditetapkan oleh gubernur, bupati/walikota setempat berdasarkan kriteria yang diatur oleh Menteri yang menyelenggarakan pemerintahan di bidang kesehatan. Ini sudah sikap kita, besok (hari ini) kita usulkan ke KemenPAN dan RB dengan tembusan kepala BKN. Pertanyaan publik, kenapa sih kita hanya mengusulkan nama CPNS-nya sedikit? Sebenarnya jumlah itu sesuai dengan Keputusan Bupati Karawang nomor 440/Kep.717-Huk/2012 tentang Sarana Penyelenggara Kesehatan yang sulit di dalam pemenuhan tenaga medis di kabupaten Karawang," urai Deddy.
Keputusan bupati itu, sambung Deddy, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 1239/Menkes/Per/XII/2007 tentang Perubahan atas Permenkes nomor 949/Menkes/Per/VIII/2007 tentang Kriteria Sarana Pelayanan Kesehatan Terpencil dan Sangat Terpencil. "Semua ketentuannya telah cukup gamblang. Sebenarnya dokter PTT yang diusulkan buat diangkat CPNS melalui Dinas Kesehatan sebanyak 57 orang. Namun karena 5 orang tidak memenuhi syarat, akhirnya yang mau dibawa ke KemenPAN) cuma tersisa 45 orang. Mudah-mudahan semua ajuan kita dikabul seluruhnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Terakhir yang kita ajukan 15 orang pada tahun 2009. Alhamdulillah lulus semua," ungkapnya.
Selain itu, usulan untuk mengangkat dokter PTT menjadi CPNS, diakui Deddy, ada penambahan 6 orang dokter spesialis. Yaitu, spesialis forensik, THT, paru, phatologi klinik, penyakit dalam dan bedah umum. Kalau yang pengajuan ini, bilang Deddy, sudah dibuatkan Surat Keputusan Bupatinya tersendiri bernomor 800/Kep.722/2012 tentang Penetapan RSUD Kelas B Non Pendidikan Kabupaten Karawang sebagai sarana pelayanan kesehatan yang sulit dalam pemenuhan tenaga medis dokter spesialis. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.