Hari Ini Ribuan Warga Ciampel Demo Pabrik ADM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Ini Ribuan Warga Ciampel Demo Pabrik ADM

Hari Ini Ribuan Warga Ciampel Demo Pabrik ADM

Written By Mang Raka on Senin, 06 Agustus 2012 | 23.31

-Tolak Monopoli Pengelolaan Limbah

KARAWANG, RAKA - Munculnya kabar mengenai rencana pabrik baru penghasil otomotif di Kawasan Industri Surya Cipta yang akan memproduksi ulang limbah ekonomisnya (recycle), sepertinya benar-benar disikapi serius oleh warga di sekitarnya. Mereka menganggap, bila benar itu terjadi maka warga bakal gigit jari.
"Kalau begitu apa yang bisa diperoleh kami sebagai warga yang tinggal di sekitar pabrik itu? Ini jelas ada sikap kemaruk perusahaan yang tidak punya kepedulian terhadap kami. Apalagi recycle katanya sampai 80 persen. Apa nanti produk otomotif yang mau dihasilkannya dibuat dari bahan limbah? Makanya untuk mempertanyakan hal ini kami sebanyak 2 ribu massa warga setempat yang peduli keadilan akan mendatangi pabrik otomotif tersebut di Kawasan Industri Surya Cipta, Senin (6/8) hari ini. Biar semuanya jelas," ungkap warga Ciampel, Toto Suripto.
Diingat dia, dulu di saat kawasan yang tidak jauh dari perkampungan penduduk di wilayah Kecamatan Ciampel itu hendak dibangun ada komitmen dengan masyarakat sekitar. Yaitu, setiap pabrik yang ada akan selalu memberikan kontribusi bagi pengembangan perekonomian masyarakat setempat. Tidak dipungkiri Toto, komitmen itu memang sudah berjalan. Hanya saja, ketika sekarang muncul pengembangan pabrik otomotif yang ia sebut berlabel ADM, limbah ekonomisnya malah terdengar mau dikelola sendiri pihak pabrik bersangkutan hingga 80 persen.
"Berarti masyarakat hanya kebagian 20 persen dong? Kalau begitu, ini apa maksudnya? Yang membuat kami tidak mengerti, kabarnya pula limbah tersisa tersebut malah mau diberikan pada satu nama perusahaan pengelola limbah yang ada di luar Kabupaten Karawang. Kendati katanya telah membangun konspirasi dengan beberapa kelompok kekuatan tertentu di Karawang, buat kami silahkan saja. Hanya mereka harus adil, tidak boleh serakah membangun monopoli, baik pihak perusahaan penghasil limbah maupun pihak peminat limbah itu sendiri," tandas Toto.
Informasi yang diperoleh RAKA menyebutkan, aksi massa warga tersebut dimulai dengan mendatangi pabrik baru ADM untuk bertemu langsung dengan jajaran manajemen perusahaan bersangkutan. Mereka hendak meminta penjelasan pihak perusahaan terkait recycle limbah ekonomisnya. Selain itu, mereka akan mengingatkan pula perusahaan agar tidak memberikan hak pengelolaan limbah non B3-nya hanya kepada satu kelompok saja. Tegas Toto, itu sama saja dengan membiarkan monopoli terjadi yang bakal berdampak pada munculnya gejolak sosial di masyarakat.
"Saya perlu ingatkan perusahaan agar jangan pernah berniat mengadu domba kami selaku warga Ciampel dengan kekuatan manapun. Karena bukan mustahil ada kekuatan lain yang muncul untuk turut membentengi perilaku monopoli. Sebab niatan kami hanya buat meminta klarifikasi dan keadilan dari pihak perusahaan berlabel ADM itu saja, telah terdengar banyak pihak merasa gerah. Malah isunya ada yang hendak menghadang aksi kami segala? Mudah-mudahan cuma sebatas isu. Ingat, ini hak kami yang diatur Undang-undang. Jadi tidak bisa dihalang-halangi pihak manapun," tegas Toto.
Selanjutnya, aksi massa dikabarkan akan berakhir di gedung DPRD. Di gedung wakil rakyat Karawang ini mereka bakal meminta pula sikap tegas legislatif dan eksekutif mengenai keadilan yang bisa dirasakan warga di sekitar pabrik industri, utamanya yang terkait dengan keberadaan PT ADM di Kawasan Industri Surya Cipta. Yaitu agar pengelolaan limbah ekonomisnya tidak didaur ulang perusahaan, tapi diberikan kepada masyarakat setempat melalui perusahaan pengelola limbah secara merata dan adil. Artinya tidak boleh ada monopoli dengan alasan apapun. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.