Dishub Cek Kelayakan Bus Lebaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dishub Cek Kelayakan Bus Lebaran

Dishub Cek Kelayakan Bus Lebaran

Written By Mang Raka on Selasa, 14 Agustus 2012 | 21.57

KARAWANG,RAKA - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang melakukan pengecekan kondisi kesehatan para sopir bus di Terminal Klari sejak Minggu (12/8) hingga H-1 Lebaran. Pengecekan ini dilakukan untuk memberikan informasi kesehatan kepada para pengemudi itu sendiri agar selama dalam berkendaraan menjelang lebaran yang sibuk itu.

Dalam pengecekan kesehatan pada Senin (13/8) kemarin itu, terjaring sekitar 10 pengemud bis antar kota antar provinsi yang kemudian dicek kesehatannya. Hasil pengecekan itu, kebanyakan mereka memiliki potensi tekanan darah tinggi dan diabetea. Kepada yang memiliki potensi tekanan darah tinggi, tim kesehatan membagikan obat yang bisa diminum oleh pengemudi. "Mereka kami sarankan untuk memanfaatkan waktu istirahat agar digunakan istirahat sebaik-baiknya sehingga ketika mengemudi sudah dalam keadaan baik kembali," ungkap Agus Salim, Staf Dinas Kesehatan Provinsi Jabar.
Sebenarnya menurut Agus Salim, ada beberapa jenis pengecekan kesehatan para sopir bus yakni meliputi respirasi alkohol, amphetamin, tekanan darah dan gula darah. Tapi dua jenis pengecekan yang disebut pertama itu tidak ditemukan pada mereka atau negatif.
Sementara ITU. Kasi Pengendalian Penyakit Bidang P2PL Dinas Kesehatan Karawang dr Hj Rina Hasrina, pengambilan tempat untuk pengecekan para sopir di terminal Klari ini hanya masalah teknis saja karena untuk memudahkan menjaring mereka. Oleh karena itu, pihaknya juga menyertakan Dinas Perhubungan Karawang untuk melakukan pengecekan kesehatan ini. Menurut Rina, kegiatan ini sudah dimulai hari Minggu dan akan berakhir hingga H-1 Lebaran dengan targey 100 orang pengemudi bus dapat dicek kesehatannya.
Sementara itu di tempat yang sama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memeriksa kondisi fisik kelaikan jalan bus-bus angkutan mudik lebaran 2012 yang berada di Terminal Klari, Senin. "Pemerikaan ini dilakukan untuk memastikan kalau kondisi bus angkutan mudik lebaran tahun ini benar-benar dalam keadaan prima," kata Irfan Hermawan, Petugas Penguji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Karawang, di Karawang.
Dikatakannya, dalam melakukan pemeriksaan kondisi fisik kelaikan jalan bus itu, terdapat beberapa hal yang diperiksa, seperti peralatan atau perlengkapan kendaraan, sistem penerangan dan sistem kemudi kendaraan. Selain itu, kondisi rangka dan bodi kendaraan, kondisi ban dan pelek, as dan suspensi serta sistem rem kendaraan juga diperiksa kondisi fisik kelayakannya.
Pemeriksaan itu sendiri dilakukan satu per satu oleh petugas penguji kendaraan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat. "Jika ditemukan permasalahan pada poin-poin yang diperiksa itu, kami bisa mengambil tindakan seperti melakukan perbaikan di tempat, penundaan keberangkatan dan ditilang oleh penyidik PNS Dishubkominfo Karawang," katanya.
Untuk sementara, kata dia, pada pemeriksaan kondisi fisik kelaikan jalan bus angkutan mudik lebaran di Terminal Klari, tidak ditemukan adanya kendaraan yang tidak layak jalan. Menurut Irfan, Tim Penguji Kendaraan Bermotor Dishubkominfo Karawang akan terus melakukan pemeriksaan kondisi fisik kelaikan jalan bus-bus angkutan mudik lebaran selama H-7 sampai H+7 lebaran. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.