BAZ Targetkan Rp 39,2 M Untuk Zakat Fitrah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BAZ Targetkan Rp 39,2 M Untuk Zakat Fitrah

BAZ Targetkan Rp 39,2 M Untuk Zakat Fitrah

Written By Mang Raka on Senin, 13 Agustus 2012 | 19.12

KARAWANG,RAKA - Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Karawang, menargetkan raihan zakat fitrah 2012 mencapai Rp 39,2 miliar dengan asumsi 85 persen dari 2,1 juta penduduk Karawang sadar zakat. Targetan tersebut, meningkat dari target 2011 yaitu Rp 36,9 miliar.

Sekertaris BAZ Karawang, Asep Khaerul Faizin, mengatakan, besaran zakat fitrah tahun ini masih sama dengan tahun kemarin. Yaitu, Rp 22 ribu per jiwa. Besaran tersebut, mengacu pada harga beras di Karawang rata-rata Rp 6.500 per liter."Tak ada kenaikan besaran zakat fitrah," ujar Asep, kepada wartawan beberapa waktu lalu. Dengan besaran zakat yang masih tetap ini, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran sebagai bentuk sosialisasi. Surat edaran tersebut, dibagikan ke BAZ tingkat kecamatan dan unit pengelola zakat (UPZ) tingkat desa, serta kelompok pengelola zakat (KPZ) tingkat RW. Untuk segera disebarluaskan ke masyarakat.
Diakui Asep, sampai saat ini kesadaran masyarakat membayarkan zakat fitrah ke BAZ masih rendah. Indikatornya, perolehan zakat 2011 kemarin. Target BAZ tahun lalu, sebesar Rp 36,9 miliar. Dengan asumsi, 80 persen dari total penduduk Karawang menyalurkan zakatnya ke lembaga pengelola zakat ini. Akan tetapi, realisasinya hanya Rp 14,7 miliar. Setelah ditelusuri, ternyata ada berbagai faktor penyebab targetan tersebut tak teralisasi dengan maksimal. Seperti, krisis kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat. Serta, masih banyak masyarakat yang menzakatkan hartanya secara langsung pada perseorangan.
Seperti, zakatnya diberikan pada guru ngaji ataupun fakir miskin yang tak jauh dari rumahnya. Sebenarnya, kondisi seperti itu dibenarkan. Karena, langsung tepat sasaran. Akan tetapi, sebaiknya zakat fitrah tersebut tercatatkan. Supaya, ada laporannya secara tertulis. Untuk itu, sambung Asep, pada pencatatan zakat fitrah tahun ini akan lebih ditingkatkan. Dengan kata lain, para petugas KPZ diinstruksikan untuk mencatat setiap warga yang memberikan zakat fitrahnya secara langsung. Dengan begitu, akan terlihat jumlah warga yang membayarkan zakat melalui KPZ dengan yang tidak.
Terkait dengan zakat yang terkumpul, Asep menjelaskan, seluruh beras atau uang yang terkumpul akan dibagi habis di setiap UPZ masing-masing. Maksudnya, ketika malam takbiran, seluruh zakat fitrah yang terkumpul itu langsung diberikan kepada pihak yang berhak menerimanya. "Tidak ada yang ditarik zakat fitrah ke kabupaten. Semuanya, habis di bagi di UPZ," jelasnya.
Kepala Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Barat, Junaedi, mengatakan, sudah menyosialisasikan besaran zakat pada warganya. Supaya, sejak dini warga sudah mengetahui berapa yang harus dikeluarkan untuk zakat fitrahnya. Biasanya, warga yang akan berzakat mulainya sepekan sebelum lebaran. Bahkan, ada juga yang memilihnya saat malam takbiran. "Supaya lebih afdol," ujarnya.
Zakat fitrah tersebut, didominasi oleh beras. Dengan kata lain, masih banyak warga yang menggunakan beras untuk berzakat. Yaitu, 3,5 liter per jiwanya. Namun, ada juga warga yang berpikiran praktis, berzakat dengan uang. Biasanya, warga yang seperti itu dari kalangan menengah ke atas dan profesinnya di luar petani. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.