Sore Ini, Trayek Angkot Acak-acakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sore Ini, Trayek Angkot Acak-acakan

Sore Ini, Trayek Angkot Acak-acakan

Written By Mang Raka on Senin, 09 Juli 2012 | 21.10

PURWAKARTA, RAKA - Jelang perayaan Festival Tumpeng "Congcot" dan parade seni nusantara oleh Pemkab Purwakarta, Sabtu (8/7) sore, jalur trayek angkutan kota (angkot) di Purwakarta dipastikan acak-acakan. Angkot tidak akan operasi sesuai jalur biasanya. Pasalnya, pihak polisi akan menutup sejumlah ruas jalur jalan di Purwakarta. Sementara angkot masih dibebaskan untuk beroperasi.

Kepala Dishubparpostel Kabupaten Purwakarta, Nana Mulyana, tak menampik hal itu. Menurut dia, jalur trayek angkot Sabtu sore bisa jadi acak. Sebab, agendanya mulai Sabtu sore, tepatnya jam 16.00 WIB hingga acara selesai, jalur Veteran-Sudirman-KK Singawinata akan ditutup. Meski demikian, trayek angkot yang biasa melintas di jalur tersebut tidak dilarang untuk beroperasi. Artinya, mereka masih diperbolehkan jalan dengan catatan tidak masuk ke ruas jalan yang distrerilkan. "Enggak, mereka tidak kita larang. Kita hanya sebatas memberikan himbauan untuk tidak operasi," kata Nana Mulyana, kemarin.
Sebagai kompensasinya, lanjut Nana, pihak Pemkab Purwakarta melalui Dishubparpostel memberikan paket sembako kepada para sopir dari Jalur 01 hingga 08. Ini diberikan sebagai pengganti jatah pemasukan mereka dari sore hingga malam yang dipastikan akan terhambat. "Jumlah sopir yang kita beri sembako mencapai 700 orang," tandas Nana.
Nana juga tak menampik jika pada waktunya, masih ada angkot yang beroperasi. Hal itu dinilainya tak masalah yang penting tidak melintasi jalur yang telah disterilkan (Veteran-Sudirman-KK Singawinata). Artinya memang tidak menutup kemungkinan ada beberapa angkot yang beroperasi, dan tidak menggunakan jalur angkot yang seharusnya. "Bisa saja itu terjadi, ada angkot yang tetap operasi. Makanya, untuk meminimalisir terjadinya persoalan di jalan, mereka sengaja kita kumpulkan hari ini (kemarin) untuk diberi pengarahan," ujar Nana.
Terpisah, Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP H Agus Wahyudin, meyakinkan, pada pelaksanaan Festival Congcot dan Parade Nusantara malam ini tidak akan terjadi kemacetan parah seperti yang terjadi pada kegiatan sebelumnya. Pasalnya, ia selain telah menyiapkan personil lengkap di lapangan, koordinasi yang dibangun pihaknya dengan Dishub dan Satpol PP sudah sangat baik. "Insya Allah malam ini kita upayakan semaksimal mungkin supaya tidak sampai terjadi kemacetan parah," tandas Agus.
Beberapa jalur yang akan disterilkan, jelas Agus ialah jalan Veteran-Sudirman-KK Singawinata dan RE Martadinata. Untuk kendaraan bus Angkutan Kota dan Provinsi, seluruhnya diarahkan melalui jalur tol, semuanya keluar masuk pintu tol Sadang dan Jatiluhur. Sementara untuk angkutan kota, kendaraan pribadi dan motor, dari arah Sadang semuanya dialihkan melalui Jalan Kopi-Jalan Industri-Jalan Ibrahim Singadilaga-Jalan A Yani-Jalan Basuki Rahmat-Jalan Kapten Halim dan Jalan Ipik Gandamanah. "Jalur dalam kota, steril," pungkas Agus Wahyudin. (nos)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.