Program Rutilahu Agustus Digarap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Rutilahu Agustus Digarap

Program Rutilahu Agustus Digarap

Written By Mang Raka on Sabtu, 14 Juli 2012 | 14.11

KARAWANG, RAKA - Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tahap empat yang peruntukannya bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Karawang, rupanya belum akan dijalankan Pemkab hingga awal semester dua tahun 2012 ini. Dinas Cipta Karya selaku pengendali kegiatan beralasan Rutilahu mulai akan dilaksanakan bulan Agustus mendatang.

"Berdasarkan agenda yang sudah dibuat Rutilahu yang sekarang baru tahap ketiga. Untuk realisasi tahap keempat, diperkirakan mulai Agustus mendatang," kata Kepala Dinas Ciptakarya Kabupaten Karawang, Yusuf Abdul Gani, kemarin. Namun demikian, ditanya berapa alokasi anggaran dan jumlah penerima bantuan Rutilahu tersebut digulirkan, Yusuf belum merespon sampai berita ini ditulis.
Kabid Tarkim Cipta Karya Karawang, lewat pesan singkatnya menyebutkan tahapan Rutilahu 2012 tahapannya sedang masuk proses pelelanganan ditahap tiga. "Belum berjalan. Sekarang lagi dalam proses," tambah Toni. Dirincinya, alokasi Rutilahu  akan digulirkan kurang lebih pada 400 rumah tersebar di Kabupaten Karawang.
Kata Toni, kegiatan itu dikelompokan melalui aspirasi Anggota DPRD Karawang. Besarannya masing-masing Rp 25 juta. "Setiap anggota dewan mendapat jatah delapan unit. Selanjutnya, Dinas Cipta Karya Karawang akan meneruskan realisasinya usai proses lelang," bebernya. Namun, Toni tak merespon apakah peruntukan Rutilahu tersebut diteruskan berdasarkan verifikasi atau belum.
Kendati diharapkannya, program Rutilahu terserap dan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Karawang. Dari data Dinas 
Cipta Karya menyebutkan sedikitnya ada 10.000 rumah tidak layak huni di Karawang masih ditinggali warga yang kurang mampu. Agar perehaban Rutilahu ini terakomodir sasarannya secara keseluruhan, ada perencanaan jika programnya ini akan berlangsung hingga tahun 2013. Kategori Rutilahu sendiri dispesifikasikan lantai masih beralaskan tanah, tak memiliki jendela atau ventilasi udara maupun kamar mandi. Lainnya seperti teknis perencanaan renovasi dan desainnya dengan rancangan prototipe (penyeragaman). Diketahui pula rangkaian bertahap untuk pengadaan seluruh kegiatan Rutilahu tersebut dimulai sejak bulan April, dengan penempatan kontruksinya per bulan Juni.
Uraiannya, tahapan pertama 37 paket kegiaatan dengan total anggaran RP.10 miliar, tahapan kedua 28 paket kegiatan dengan 
alokasi dana Rp.12 miliar, dari pelaksanaan pada bulan Mei hingga Juli ini. Pos terbesar dialokasikaan pada tahapan ketiga yakni mencapai 448 paket kegiatan, meliputi 228 paket jaalan lingkungan dan 195 paket Rutilahu dan 61 paket kegiatan dari bidang bangunan serta kebersihan taman, dari nilai anggaran Rp 44 miliar.
Sementara pada tahap empat, terdapat 51 paket kegiatan dengan nilai mencapai Rp 26 miliar, dimana proses pengadaannya diproyeksikan mulai bulan Juli hingga bulan Agustus. Dinas Cipta Karya berpedoman pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa melalui sistem pelelangan elektronik, non e-procurement dan sebagian kecil dilaksanakan swakelola. (rif)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.