Produksi Jamur Merang Naik Tajam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Produksi Jamur Merang Naik Tajam

Produksi Jamur Merang Naik Tajam

Written By Mang Raka on Senin, 23 Juli 2012 | 15.09

KARAWANG, RAKA - Jamur merang yang memanfaatkan potensi bahan baku jerami dibeberapa daerah Kabupaten Karawang produksinya terus menunjukan hasil yang signifikan setiap tahun. Pada 2011 budidaya jamur merang ini mencapai peningkatan produksi sebanyak 380 ton atau setara 7,23 persen dari hitungan produktivitas 2,2 Kw/kubung.

Meningkatnya pengembangan budidaya jamur merang di Kabupaten Karawang terdorong oleh bertambahnya jumlah unit kubung yang berproduksi dalam setahun. Dengan danya tambahan 59 kubung yang terbagi dari 50 unit kubung APBN dan 9 unit kubung dari swadaya masyarakat, otomatis menggeliatkan aktifitas unit kubung jamur merang dari 2.501 unit pada tahun 2010 menjadi 2.560 unit pada tahun 2011.
Menurut seorang pembudidaya jamur merang di Kecamatan Rawa Merta, Hutomo Putra (24), kondisinya pada tahun kemarin justru bak gayung bersambut. Sebab, kenaikannya tersebut telah diikuti dengan peningkatan harga jamur dari Rp 14 ribu/kilogram menjadi Rp 18 ribu/kilogram. Sehingga jika dihitung-hitung penilaian ekonomisnya bagi pembudidaya atau petani jamur merang trendnya meningkat sebesar 37,8 persen.
"Hal lain yang mendukung adanya progres yang cukup baik dalam pembudidayaan jamur merang ini juga disebabkan oleh dukungan pengetahuan serta keterampilan para petani memanfaatkan teknologi. Selain itu, yang mendorong perkembangan usaha ini yaitu semakin membaiknya pengelolaan manajemen usaha tani," ujar Hutomo.
Dia berharap supaya pada tahun 2012 pertumbuhan budidaya jamur merang di Kabupaten Karawang terus menunjukan progres yang menggembirakan. Untuk itu Pemkab Karawang bisa membantu sarana dan prasarana pendukung supaya petani bisa lebih inovatif. "Sehingga, dari situ nantinya, diharapkan bisa merubah perilaku petani dalam mengembangkan usaha pertanian kami ke arah yang lebih inovatif," kata Hutomo.
Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Karawang, Nachrowi M. Noer menyampaikan, tahun 2012 pihaknya terus memacu perkembangan budidaya jamur merang di Karawang agar produksinya naik. Bahkan, jika penyerapan bibit jamur merang tidak terkendala dipastikan jumlah profuksinya naik hingga 3 kw/kubung. "Penerapan teknologi jamur merang oleh petani kini sudah lebih baik, terlebih dalam tahun ini Karawang juga mendapat alokasi bantuan untuk perkembangannya," jelas Nachrowi.
Sementara, Kabid Holtikulutur Distanhutbun Karawang, Rusmawi, ketika dikonfirmasi menambahkan, proges pencapaian produksi jamur merang terus diarahkan dengan melakukan pembinaan teknologi budidaya dan fasilitasi pengembangan luas kubung. Hingga Juni, sambungnya, jumlah unit kubung yang berproduksi mencapai 2600 unit dengan target pencapaian 2013 sebanyak 2800 unit kubung. Sesuai kebijakan pusat dan daerah urusan infrastruktur menuju sentra jamur merang Karawang juga akan diupayakan peningkatannya secara bertahap. Sentra jamur merang di Karawang diantaranya Kotabaru, Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Banyusari dan Jatisari. "Kebutuhan bibit saat ini sudah terpenuhi, tinggal meningkatkan kwalitas produksi disetiap penangkaran dengan bimbingan teknologi" kata Rusmawi. (rif)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.