Polres Sudah Siapkan Peta Arus Mudik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Polres Sudah Siapkan Peta Arus Mudik

Polres Sudah Siapkan Peta Arus Mudik

Written By Mang Raka on Selasa, 31 Juli 2012 | 21.44

KARAWANG, RAKA – Menghadapi arus mudik yang biasanya mulai memadati seluruh jalur jalan di wilayah Kabupaten Karawang, jajaran Polres Karawang telah menyiapkan pemberlakukan contra flow (lawan arus) di Jalur Pantura mulai H-5 Lebaran 1433 H. Sistem pengaturan lalulintas tersebut dilakukan agar arus kendaraan pemudik dari arah Jakarta maupun daerah-daerah lainnya di Jabodetabek dapat mengalir deras ke arah Cirebon.
Hal itu dikemukakan Kapolres Karawang AKBP Arman Achdiyat saat memaparkan rencana Operasi Ketupat Lodaya 2012 di hadapan bupati dan aparat terkait lainnya di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang, Senin (30/7). "Contra flow akan diberlakukan mulai dari Pertigaan Jomin hingga Jembatan Gamon atau pembatas antara wilayah Kabupaten Karawang dengan Subang," ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskan, contra flow merupakan penggunaan sebagian jalur arah Cirebon-Jakarta untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon. Artinya, kedaraan dari arah Jakarta diberi ruang jalan lebih luas karena memang volume kendaraan dari arah Jakarta volumenya lebih besar dibanding arah sebaliknya. Guna menghindari kecelakaan lalulintas, menurutnya, petugas bakal memasang pembatas sementara di sepanjang ruas jalan yang dilawanaruskan.
"Kami memprediski lonjakan arus mudik akan terjadi sejak H-5 Lebaran. Makanya pada pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2012 ini, kami dari Polres Karawang akan menerjunkan 894 personel ditambah kekuatan unsur TNI, pemda, dan mitra polisi sebanyak 570 personel. Selain itu kami bakal menempatkan pula anggota Brimob, Dalmas, serta Lantas dari Polda Jabar sebanyak 152 personel,” urai Kapolres Arman Achdiat.
Khusus kendaraan roda dua yang datang dari arah Bekasi, diarahkan menuju jalur alternatif mulai dari Pertigaan Jalan Baru di Tanjungpura. Sehingga semua sepeda motor dari arah barat bakal dibelokkan ke jalur tersebut yang kemudian masuk ke jalan alternatif Lamaran-Telagasari-Lemahabang Wadas hingga ke Krasak Cilamaya.
“Setelah ke luar dari Pertigaan Karasak, sepeda motor pemudik akan diatur sebagian menuju Cilamaya-Blanakan dan masuk lagi ke jalur Utama Pantura di Ciasem. Jika arah Blanakan terjadi penumpukan, maka kendaraan dari Pertigaan Krasak akan diarahkan ke Cikalong Jatisari untuk masuk lagi ke jalur utama Pantura. Oleh karenanya, kami jajaran Polres minta kepada pihak Pemkab Karawang agar segera memperbaiki jalan alternatif yang masih rusak. Setidaknya harus sudah rampung H-10 atau paling lambat H-7," tegasnya.
Menanggapi permohonan Kapolres, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Karawang Asikin, memastikan bahwa apa yang diminta orang nomor satu di jajaran Polres Karawang ini dapat terpenuhi. Apalagi perbaikan seluruh jalur jalan yang biasa digunakan bagi arus mudik dan arus balik Lebaran ditopang oleh APBD Karawang, Jawa Barat, hingga APBN. “Insya Allah semua bisa berjalan tepat waktu,” janji Asikin meyakinkan. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.